Tuesday, December 22, 2020

Nilai-Nilai Perjuangan Para Pahlawan Hari Ini Perlu Dihidupkan lagi, Mengapa Demikian?



"Hidup itu Berjuang: Kasman Singodimedjo 116 Tahun." Begitulah bunyi judul buku yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Jakarta dan disambut baik oleh Wakil Ketua MPR RI Zulkifli Hasan pada Selasa (22/12).

“Indonesia tidak tiba-tiba seperti ini. Hasil dari pengorbanan jiwa raga dan airmata para pejuang pendiri negeri ini yang kadang hari-hari ini nilai-nilai perjuangan itu perlu kita hidupkan kembali,” terang Zulkifli seperti terlansir laman resmi Muhammadiyah.

Ia juga mengungkapkan, “Nilai-nilai perjuangan para pahlawan hari ini memang perlu dihidupkan lagi, karena sudah mulai memudar. Karena kita mulai kehilangan orientasi perjuangan, demokrasi kita juga sudah beralih menjadi demokrasi transaksional yang berujung pada disharmonisasi.”

Menurutnya, sosok Kasman yang teguh objektif berjuang sembari memegang integritas dalam berbagai macam tekanan pantas untuk dipelajari di tengah kehidupan kebangsaan Indonesia yang saat ini mulai kehilangan orientasi.

Dalam media itu dijelaskan secara ringkas bahwa Kasman Singodimedjo pernah menjabat Dai Danco (setingkat Pangdam), ketua KNIP (sekarang MPR), Jaksa Agung dan menjabat di Kementerian Pertahanan.


0 comments: