Tuesday, September 1, 2020

Waw! Startup Turki Falcon AI Merevolusi "Game" dengan Pelatih AI untuk Esports



Dilaporkan Daily Sabah, startup Turki Falcon AI siap merevolusi dunia game kompetitif dengan kreasi terbarunya, yakni SenpAI.gg. 

Berk Özer, salah satu pendirinya, memberikan wawancara eksklusif kepada Daily Sabah terkait produk mereka

Mengutip media itu, dalam hal permainan kompetitif, banyak masalah yang dihadapi, yakni bingkai per detik (FPS), yang bergantung pada grafis dan kekuatan pemrosesan komputer; tertinggal, yang terjadi karena tingkat ping yang tinggi dari koneksi internet yang lemah, dan, tentu saja, kesalahan pemain saat dalam game. 

Sebuah perusahaan Turki bernama Falcon AI telah menghadirkan solusi inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemain sambil bertindak sebagai pelatih kecerdasan buatan (AI) untuk bermain game: SenpAI.gg. 

Huruf "gg" di URL situs web resmi produk dan namanya adalah referensi ke singkatan yang biasa digunakan oleh pemain game: "game yang bagus".

Berk Özer, mengatakan kepada Daily Sabah bahwa tujuan mereka adalah menyediakan alat yang akan membantu mereka berkembang dalam game esports kompetitif, yaitu League of Legends, Valorant, DOTA 2, dan lainnya.

“Kami mendirikan Falcon AI pada 2017. Tujuan utama kami adalah meningkatkan kemampuan AI kami. Melihat permintaan yang tinggi dalam esports, kami memutuskan untuk fokus sepenuhnya padanya,” kata Özer terlansir sumber yang sama.

“Saat saya mengatakan esports, orang mungkin salah paham. Kami tidak hanya berfokus pada profesional sejati. Fokus kami mencakup para gamer profesional dan gamer pendatang baru yang hanya ingin meningkatkan keterampilan mereka, ” tambahnya.

Jadi, bagaimana SenpAI.gg benar-benar membantu para gamer meningkatkan keterampilan mereka?

“Saat pemain masuk menggunakan SenpAI.gg, kami menggunakan AI untuk menganalisis data pertandingan mereka. Baik sebelum dan sesudah pertandingan mereka, kami memberi mereka berbagai rekomendasi, analisis, dan jenis konten lainnya,” kata Özer lagi.

“Misalnya, ketika seorang pemain akan memulai pertandingan, kami memberikan mereka informasi penting seperti juara mana yang lebih cocok dengan keterampilan mereka atau juara mana yang lebih bermanfaat dalam upaya mereka untuk mengalahkan tim lawan,” lanjutnya.

Özer menambahkan bahwa SenpAI.gg membuat perbandingan antara pengguna dan pemain yang lebih profesional dan menentukan keterampilan dan gaya bermain siapa yang mirip dengan mereka.

Lalu, game apa yang akan didukung SenpAI.gg?

Pada tahap awal, Riot Games 'League of Legends and Valorant adalah fokus utama SenpAI.gg, tetapi startup tersebut berencana untuk memperluas untuk memasukkan lebih banyak game ke dalam sistemnya. 

Bagaimana tentang nama Turki di balik layar?

Meski perusahaannya berbasis di Boston, Falcon AI mengatakan mereka memiliki banyak insinyur di Istanbul.

“Tujuan kami adalah membuat produk ini, yang dikembangkan oleh para insinyur Turki, berhasil secara global. Insinyur Turki kami sedang mengembangkan SenpAI.gg, dan kami berada di sini di Amerika Serikat untuk tujuan pemasaran," jelas Özer.

Ia juga menjelaskan, “Kami memiliki puluhan ribu pengguna dari seluruh dunia. AS memimpin, Eropa barat dan timur (datang berikutnya). Kami juga memiliki banyak pengguna di Amerika Selatan, khususnya di Brasil. Faktanya, kami memiliki pengguna di Brasil hampir sebanyak yang kami miliki di Turki. Sistem kami juga memiliki dukungan bahasa Portugis."

Beberapa negara yang tidak terduga juga ikut bergabung, seperti Indonesia, meskipun perusahaan tidak pernah beriklan di sana, yang menunjukkan universalitas dan potensi yang berkembang dari game di seluruh dunia.

Özer juga menyatakan bahwa mereka memiliki dua permohonan paten yang menunggu penyelesaian di A.S.

SenpAI.gg saat ini gratis untuk digunakan, tetapi berbayar layanan berlangganan premium dan platinum, bersama dengan respek mereka


0 comments: