Tuesday, September 1, 2020

Beranikah Indonesia seperti Malaysia yang Larang Masuk Warga India, Indonesia, Filipina?

 


Penanganan COVID-19 memang harus sangat tertib. Virus ini tidak pandang bulu dalam menyerang manusia. Di Indonesia saja sudah berguguran pejuang medis dalam menghadapinya. Di luar negeri pun tak kalah ngeri. Sudah banyak sekali yang menjadi korban virus asal Cina ini.

Menyikapi dampak yang ditimbulkan pada kesehatan, Malaysia akan memblokir warga negara India, Indonesia, dan Filipina memasuki negara itu mulai Senin mendatang (7/9/2020).

Dilaporkan Bloomberg, Selasa (1 September 2020) pembatasan tersebut akan mempengaruhi mereka yang memiliki izin masuk jangka panjang, pelajar, ekspatriat, penduduk tetap serta anggota keluarga Malaysia, kata Menteri Pertahanan Ismail Sabri Yaakob kepada wartawan dalam konferensi pers yang disiarkan televisi pada hari Selasa. Semua turis asing telah dilarang masuk sejak Maret.

Malaysia memperpanjang langkah-langkah untuk mengekang pandemi hingga akhir tahun karena virus "masih aktif menyebar ke seluruh dunia," kata Perdana Menteri Muhyiddin Yassin dalam pidatonya pada hari Jumat.

Mengutip media itu, Filipina diikuti oleh Indonesia dengan jumlah kasus virus korona terbesar di Asia Tenggara, sementara India bergulat dengan total infeksi mendekati 4 juta. Pemerintah Malaysia akan terus memantau situasi dan mungkin memperluas pembatasan jika kasus virus meningkat di lebih banyak negara, kata Ismail.

Lantas, beranikah Indonesia melakukan hal serupa di atas mengingat betapa berbahayanya vius ini bagi manusia?


0 comments: