Sunday, August 2, 2020

Bagaimana Protokol Kesehatan Jemaah Haji untuk Melakukan Ritual Terakhir di Masjidil Haram Tahun Ini?


Sebuah gambaran tawaf para jemaah haji yang disediakan media Saudi - AFP via Arab News

Tak terasa, musim haji tahun ini berada di titik akhir. Berdasarkan laporan Arab News, Minggu (2/8/2020), jemaah haji Arab Saudi akan pindah kembali ke Masjidil Haram Makkah pada hari Minggu (hari ini) untuk melakukan ritual terkakhir atau tawaf perpisahan di Ka'bah.

Ya, ketika para jamaah berjalan mengelilingi Ka'bah tujuh kali (tawaf wada), menandai selesainya ibadah haji tahun ini.

Nah, di masa pandemi sekarang, bagaimana protokol kesehatan yang diterapkan dalam masa-masa akhir di sana?

Mengutip sumber tersebut, para jemaah akan masuk ke Masjidil Haram melalui pintu-pintu yang ditunjuk dan akan diminta untuk mengikuti jalan yang ditandai khusus untuk menjaga jarak antara satu sama lain. Mereka kemudian akan memulai mengelilingi Ka'bah

Lalu, beberapa jamaah kemudian akan diangkut ke hotel untuk isolasi diri, sementara yang lain akan kembali ke kota asal mereka untuk karantina 14 hari.

"Kami sedang bekerja untuk mengimplementasikan rencana yang disetujui untuk membuat haji tahun ini berhasil sesuai dengan langkah-langkah pencegahan, dan pencegahan dari kedatangan para jamaah ke Makkah sampai mereka menyelesaikan tawaf perpisahan," Komandan Pasukan Khusus Keamanan Masjidil Haram, Mayor Jenderal Yahya bin Abdulrahman Al-Aqil, mengatakan kepada kantor berita pemerintah Saudi, SPA dan terlansir Arab News.


0 comments: