Sunday, August 2, 2020

Apa Kata Jemaah Haji saat Musim Ibadah yang Satu Ini Mendekati Akhir di Tempat-Tempat Suci?


Para jemaah haji berdoa di Jamarat - SPA via Arab News

Musim haji tahun ini sudah mendekati akhir. Dan beruntung tidak ditemukan satu kasus COVID-19 pun di sana. Dengan kata lain musim haji mendekati akhir tanpa COVID-19 di tempat-tempat suci.

Lalu, apa kata jemaah haji terkait ibadah ini dalam masa pandemi?

Farida, seorang jamaah haji Indonesia yang termasuk di antara mereka, yang memiliki hak istimewa untuk melakukan haji tahun ini.

Seperti terlansir Arab News, Minggu (2/8/2020)
ia mengatakan terpilih menjadi sesuatu yang seakan "tidak dapat dipercaya dan tak ternilai." Dirinya  menyatakan kebahagiaan dan rasa terima kasihnya untuk dapat melakukan tugas sekali seumur hidup ini.

"Ini seperti berkah bagi saya dari Allah sebelum saya meninggalkan Arab Saudi untuk selamanya," katanya. "Itu sangat terorganisasi dengan baik, saya angkat topi ke Kementerian Haji dan Kementerian Kesehatan."

Kemudian, ada Amani Al-Saadi, seorang mentor kesehatan yang mengambil bagian dalam haji tahun ini, mengatakan status kesehatan jamaah dipantau dari ketika mereka meninggalkan akomodasi mereka sampai mereka kembali pada akhir hari.

Setiap peziarah memiliki kursi yang ditunjuk di bus haji untuk mengurangi kontak dengan orang lain, dan ada klinik medis di setiap kompleks tempat tinggal, di mana dokter memeriksa kesehatan para peziarah dan menyediakan obat-obatan yang diperlukan.

0 comments: