Wednesday, June 17, 2020

Misteri Lukisan Sultan Ottoman Turki “Mahmud Sang Penakluk” yang akan Dilelang di London





Dalam dunia Islam, Turki Utsmani, Dinasti Utsmani, atau Kesultanan Ottoman begitu mahsyur. Salah seorang tokoh penting di dalamnya adalah Sultan Mehmed (Mahmud) II. Dikenal pula sebagai Fatih Sultan Mehmet.

Seperti diketahui bahwa Mehmed II adalah sultan dari Dinasti Utsmani yang berhasil menaklukkan Istanbul hingga diberi gelar Fatih (Sang Penakluk) pada usia 21 tahun.

Penaklukan Istanbul adalah kemenangan terbesar dari Mehmed sang Penakluk. Kemudian, di tahun-tahun berikutnya, dia juga memegang kendali atas Serbia, Morea, dan Trebizond (Trabzon modern) di wilayah utara Turki modern, serta Bosnia, Albania dan sejumlah wilayah Anatolia (Turki Tengah).

Selama masa kepemimpinannya, Fatih menaklukkan banyak wilayah hingga menguasai wilayah seluas lebih dari 2,2 juta kilometer persegi.

Seniman Italia, Gentile Belline, pada 1480 membuat sebuah lukisan Sultan Mehmed II dan akan dilelang di London pada 25 Juni mendatang.

Dilaporkan Anadolu Agency, harga jualnya berkisar USD500 ribu hingga USD740 ribu dan akan diperjualbelikan di rumah lelang ternama dunia Christie.

Sara Plumby, Seorang staf Christie, mengungkapkan banwa lukisan itu termasuk dalam koleksi karya seni Islam.

Menurutnya salah satu misteri terbesar dari lukisan ini adalah sosok orang yang dilukis di samping Fatih Sultan Mehmet.

"Kami tidak mengenali sosok tersebut. Bisa jadi itu salah satu putranya. Namun, jika melihat usia Fatih Sultan Mehmet saat dilukis, rasanya tidak mungkin juga. Beberapa orang mengatakan sosok itu adalah kawannya dari Eropa, karena dia tak berjanggut seperti kebanyakan pria Ottoman pada umumnya, tutur Plumby yang dikutip media itu.

Dia pun memperkirakan sosok itu adalah seorang tokoh penting atau keluarga bangsawan.

Masih dari sumber yang sama, Plumby berpendapat, aspek penting lainnya adalah lukisan itu merupakan satu dari hanya tiga lukisan yang dibuat selama era kepemimpinan Fatih.

Dua lukisan Fatih karya Bellini lainnya kini menjadi koleksi National Gallery di London.

0 comments: