Sunday, May 31, 2020

Inggris Bersiap Dukung Hong Kong dan Taiwan, Bagaimana Wujudnya?


Sumber You Tube


Hong Kong dan Taiwan bisa dikatakan simbol kemerdekaan rakyat, baik dalam beragama, maupun hal lainnya.

Berbeda dengan keduanya, Partai Komunis Cina (PKC) di Beijing atau wilayah lainnya di Cina daratan berperang melawan iman sehingga kemerdekaan kaum agamis pun menjadi tertindas. Bahkan, banyak gereja dan masjid dihancurkan.

Aksi PKC dengan mengatasnamakan Republik Rakyat Cina terhadap Hong Kong belakangan ini, semisal pemberlakuan undang-undang kemananan, memicu reaksi keras dari banyak kalangan. Begitu pula ancaman serangan mereka ke Taiwan membuat dunia, khususnya barat marah.

Sebuah sumber mengatakan pada Sunday Express, "Jangan heran jika kita akhirnya mengakui Taiwan dan bergabung dengan yang lain dalam mempertahankannya dengan aset militer."

Saat ini, karena keberatan Cina, Taiwan tidak diakui secara resmi dan hanya memiliki kedutaan tidak resmi di Inggris.

Tetapi sebuah sumber mengatakan, "Itu bisa berubah jika China melanjutkan lintasannya saat ini."

Mengutip Express, anggota parlemen Romford Andrew Rossendale, yang merupakan anggota dari semua kelompok parlementer untuk Taiwan, mengatakan, “Kita tidak bisa membiarkan rezim komunis Cina menyerang dan menguasai Taiwan. Itu adalah suara demokrasi barat di bagian dunia itu (Taiwan) dan kami bersama sekutu kami harus mempertahankannya."

Selain itu, anggota parlemen North West Leicestershire Andrew Bridgen mengatakan, "Banyak hal berubah dalam hal hubungan kita dengan Cina dan itu termasuk mendukung Taiwan."

Bridgen juga telah bergabung dengan anggota parlemen dari lintas partai yang mendukung pemerintah untuk mendatangkan penduduk Hong Kong.

Menteri Luar Negeri Dominic Raab mengonfirmasi wahyu dalam Sunday Express pekan lalu bahwa 300.000 penduduk Hong Kong dengan paspor luar negeri Inggris akan diizinkan pindah ke Inggris.

Bridgen mengatakan, “Kami akan memiliki kewajiban moral kepada tanggungan mereka juga. Cina akan menemukan bahwa Hong Kong tidak begitu penting tanpa rakyatnya. ”

Anggota Parlemen Lib Dem Orkney Alistair Carmichael, ketua semua kelompok partai untuk Hong Kong, mengatakan, “Pemerintah perlu bergerak cepat dalam hal ini. Ini akan mengirim pesan yang jelas dan kuat ke Beijing. ”

Sementara itu, setelah keputusan Ofcom bahwa Chinese Global Television Network (CGTN) yang berbasis di London dan dimiliki oleh pemerintah Cina melanggar beberapa aturan, mantan menteri keamanan Sir John Hayes telah menulis surat kepada sekretaris budaya Oliver Dowden meminta izin untuk beroperasi dicabut.

Sir John memperingatkan bahwa CGTN adalah "lengan propaganda" dari Pemerintah Cina dan dapat meradikalisasi orang di Inggris.

Masih dari sumber yang sama, dikatakan ada banyak cara Inggris dapat mendukung Taipei sebelum "opsi nuklir" itu.

Ini termasuk perubahan sederhana, seperti memberikan perwakilan Taiwan dalam status diplomatik penuh Inggris, untuk menggunakan jejak diplomatik Inggris yang diperluas di Pasifik Selatan sebagai cara untuk membantu memeriksa ekspansi Cina dan memperkuat dukungan untuk kedaulatan Taiwan.

Membantu memberikan suara independen kepada Taiwan di badan-badan internasional, seperti yang telah dimulai dengan Majelis Kesehatan Dunia, adalah cara lain.

Ada metode yang lebih langsung juga.

Tahun lalu Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, terpilih kembali tiga minggu lalu pada platform pro-kedaulatan yang kuat, mengatakan kepada delegasi resmi pengunjung Inggris bahwa ia ingin Inggris memasok komponen kapal selam. Pengungkapan pada hari Selasa bahwa Beijing merencanakan untuk pertama kalinya mengerahkan kedua kapal induknya untuk pertandingan perang di mana ia akan berlatih serangan terhadap Pulau Dongsha yang dikendalikan Taiwan menunjukkan alasannya.

Di samping hal-hal tersebut, ada banyak yang bisa dilakukan warga Inggris untuk mendukung Taiwan sebelum ini. Taipei sudah menganggap Inggris sebagai mitra utama dan hubungan kami telah berkembang pesat selama sepuluh tahun terakhir. ”

Sekitar 300 perusahaan Inggris memiliki investasi di Taiwan, termasuk HSBC, Standard Chartered Bank, GSK, Astra Zeneca, Mott MacDonald, ARM, Arup, dan BP, yang menyumbang investasi £ 10 miliar di negara ini. Inggris telah memutuskan untuk mengambil risiko kemurkaan Cina daratan dengan mendorong maju dengan kesepakatan perdagangan karena Taipei berupaya mengurangi ketergantungannya pada Cina.

Dikatakan media itu, dua tahun lalu banyak yang tertawa ketika Inggris memperluas pijakan diplomatiknya di Pasifik Selatan. Tetapi sebenarnya negara-negara itu sangat penting untuk mencegah Cina memperluas pengiriman ke wilayah Pasifik.

Selama ini Cina menawarkan bantuan utang kepada segelintir negara terpilih untuk mesin propagandanya yang mahir untuk mendorong pesan bahwa China serius dengan reformasi.

Sekadar informasi, sejak pidato pertamanya setelah berkuasa, Xi Jinping telah memperjelas tiga ambisinya: peremajaan bangsa Cina, memindahkan Cina ke pusat acara global, dan penyatuan Cina pada tahun 2049, peringatan ke-100 berdirinya Republik Rakyat Cina.

0 comments: