Saturday, March 14, 2020

Demi Memperlambat Penyebaran Covid-19, Spanyol Bakal Lockdown Negara Ikuti Jejak Italia, Bagaimana dengan Indonesia?


Sedia payung sebelum hujan. Agaknya ungkapan itulah yang paling tepat untuk saat ini terkait wabah COVID-19.

Ya, mencegah tentu lebih baik daripada mengobati. Sebelum virus mematikan itu kian meluas dan membinasakan manusia lebih banyak lagi, diperlukan langkah antisipasi yang maksimal. Salah satunya adalah dengan lockdown negara.

Maksudnya adalah negara yang terinfeksi COVID-19 mengunci akses masuk dan keluar sebagai pengamanan ketat untuk mencegah penyebaran virus ini.

Langkah lockdown sudah diterapkan di beberapa negara. Sebutlah Italia salah satunya. Nah, negara lain pun tampaknya juga akan segera mengikuti langkah tersebut.

Seperti terlansir CNN Indonesia, Minggu (15/3/2020) Spanyol akan mengikuti langkah Italia yang telah melakukan lockdown negara akibat kasus virus corona yang setiap hari semakin bertambah jumlahnya. Lockdown ini ditempuh Spanyol setelah beberapa negara Eropa telah lebih dulu melakukannya demi memperlambat penyebaran virus covid-19.

Saat ini saja penerbangan maskapai yang menuju Spanyol juga telah 'berbalik arah' setelah mendapat kabar rencana lockdown ini.

Lalu, bagaimana dengan Indonesia yang juga sudah terinfeksi virus ini? Apakah Pemerintah RI akan segera melakukan lockdown negara untuk mencegah kian meluasnya penyebaran COVID-19? Atau bagaimana?

0 comments: