Sunday, February 9, 2020

Tentang Pola Pikir, Pompeo: Berhati-hati ketika Terlibat dalam Bisnis dengan China


Mike Pompeo yang merupakan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat berpikiran bahwa Republik Rakyat China (RRC) sedang berusaha memanfaatkan keterbukaan AS untuk melemahkan negeri mereka.

Itulah sebabnya, dirinya mengingatkan kepada para gubernur negara bagian AS untuk mengadopsi pola pikir berhati-hati ketika terlibat dalam bisnis dengan China. Hal itu ia sampaikan di hadapan Asosiasi Gubernur Nasional di Washington, Sabtu (8/2).

Dalam kesempatan tersebut dirinya juga mengutip kata-kata Presiden Reagan, "Ketika Anda didekati untuk perkenalan atau koneksi ke suatu kesepakatan, ‘percayalah tapi verifikasi'."

Bahkan, Pompeo juga mengatakan bahwa China ingin mendapatkan keuntungan atas kebijakaan keterbukaan AS baik di tingkat federal, tingkat negara bagian dan tingkat lokal. Hal inilah yang membuatnya berpendapat persaingan dengan China bukan hanya perkara federal.

Ia mengerti betul sejatinya pendekatan China dilakukan secara terorganisir dan metodis. Pompeo pun yakin sebagian besar gubernur yang hadir di hadapannya itu sudah dilobi oleh Partai Komunis China secara langsung. Secara tegas Pompeo juga mengatakan organisasi pertemanan Partai Komunis China telah dibentuk untuk memperluas pengaruh China di Florida, Portland, Jupiter, Richmond, Minneapolis, dan banyak lagi kota lainnya di Amerika Serikat.


0 comments: