Friday, January 10, 2020

Waw Amrik dan Jepang Akan Tanamkan Investasi di Natuna, Bagaimana Ceritanya?


Setelah beberapa waktu banyak kalangan terseret arus klaim China atas Laut Natuna, kini dikabarkan Amerika Serikat dan Jepang akan menanamkan investasi mereka di Pulau Natuna.

Demikianlah yang dikatakan Luhut Binsar Panjaitan selaku Menteri koordinator Kemaritiman dan investasi. Tampaknya bagi sebagian orang, ini merupakan kejutan. Pada saat perbincangan tentang memanasnya situasi antara Republik Rakyat China (RRC) dan Indonesia di Laut Natuna masih hangat, berita investasi tersebut muncul secara tiba-tiba.

Nah, khusus untuk Jepang, negeri sakura itu rencananya juga akan berinvestasi di bidang perikanan budidaya, perikanan tangkap, dan pariwisata di Natuna yang kaya gas ini.

Sementara Amerika Serikat "joint" di dalamnya bersama negeri matahari terbit tersebut. Agaknya, kedua negara akan menjadi saingan berat bagi RRC yang terkenal dengan investasinya di sini. Ya, di sebuah negeri hijau nan indah.

Jika kita perhatikan, Indonesia merupakan ladang subur untuk investasi negara-negara lain. Pertanyaannya, sampai kapan keadaan ini akan terus terjadi? Selagi negara kita asyik dan menikmatinya, bisa jadi ke depan hal itulah yang menjadi agenda terpenting dan diharapkan.

Lalu, bagaimana ceritanya tentang kemandirian Indonesia, termasuk dalam hal modal pembangunan?


0 comments: