Thursday, November 28, 2019

Menyaksikan Aksi di Jalan Raya, seperti Menonton Lembaran Kehidupan



Di jalan raya, apa yang sering Anda lihat?

Entah sudah seberapa sering saya melihat jalan raya diramaikan aksi kebut-kebutan. Bukan hanya sepeda motor, ada saja pengemudi mobil yang turut serta unjuk kebolehan dalam aksi serupa.

Selain aksi tersebut, tak jarang pengguna jalan mendahului pengguna lainnya dengan kecepatan sedang. Sungguh ini seperti sirkuit kehidupan. Ya, berlomba-lomba dalam kebaikan dan sebagian lagi memperebutkan puncak keburukan.

Kasus korupsi di Indonesia, misalnya. Ada yang hanya berhasil mendapatkan puluhan juta. Ada juga yang ratusan juta. Bahkan, bila sedang mujur, ada yang sukses menggondol trilyunan rupiah. Luar biasa, 'kan?

Dan, jika itu berupa kebaikan, terkadang sangat mengharukan. Sebutlah seorang kakek dengan ikhlas memberikan makan kepada orang-orang yang membutuhkan. Padahal ia bukanlah orang kaya dalam hal materi. Dirinya kaya dalam akhlak yang terpuji.

Sungguh melihat aksi di jalan raya, seperti menonton lembaran kehidupan. Ada yang bersaing sebagaimana  gambaran di atas, dan ada juga yang memilih hidup damai dalam kebersamaan.

Nah, Anda termasuk yang mana?

0 comments: