Wednesday, October 16, 2019

Ketika Negeri Sakura Berduka


Ini bukan soal kunai yang heboh belakangan ini. Bukan pula tentang para kunoichi yang mahir mendekati target dengan kefiminiman mereka.

Adalah Hagibis. Topan yang telah menggoreskan luka dan penderitaan bagi masyarakat Jepang. Bukan hanya kerugian materi, tetapi juga korban jiwa.

Melihat kondisi yang demikian itu, pemerintah setempat bertindak cepat. Tidak tanggung-tanggung, Jepang segera siapkan Rp92 M untuk membantu para korban bencana Topan Hagibis

Apa yang bisa kita tangkap dari sikap positif pemerintah di sana?

Selama ini orang-orang Jepang memang terkenal dengan tanggung jawab yang tinggi. Sejak dini mereka memang diajarkan bagaimana harus bersikap yang seharusnya terhadap siapa dan apa saja.

Nah khusus dalam hal bernegara, para elit politik Jepang sangat tegas dalam tanggung jawab. Perhatikan saja, sudah berapa pejabat Jepang yang berani mengundurkan diri sebagai tanggung jawab moral mereka kepada publik.

Dan ketika negeri mereka berduka seperti saat ini, Pemerintah Jepang pun langsung bertanggung jawab untuk rakyat yang mereka pimpin. Salah satunya segera menyiapkan dana besar agar beban yang ditanggung rakyat menjadi berkurang.

0 comments: