Wednesday, October 16, 2019

Menafsirkan Foto Kombinasi Wajah Prabowo-Jokowi


Pernah tahu seorang seniman yang memiliki nickname di sosmed @gesichtermix semisal di Facebook dan Instagram? 

Jika pernah, mungkin Anda tidak terlalu terkejut dengan beredarnya foto kombinasi wajah Prabowo Subianto dan Joko Widodo di media sosial. Sebab, seniman itu sudah sering mengombinasikan wajah-wajah tokoh dunia. Sebut saja Donald Trump dan Hillary Clinton.  Dua tokoh yang dikenal berseberangan dalam dunia politik Amerika Serikat.

Nah, lalu apa makna di balik kombinasi wajah dua tokoh politik Indonesia yang sempat bertarung dalam Pilpres 2019 lalu itu?

Mendapatkan makna dari sebuah foto tentu bukan urusan gampang. Karena, membutuhkan interpretasi yang tidak bisa main-main, apalagi ini berkaitan dengan urusan Bangsa Indonesia ke depan.

Banyak penafsiran yang muncul. Bisa jadi foto itu sebagai simbol persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang beberapa tahun belakangan tepecah menjadi dua kubu yang berbeda. Kubu Prabowo yang dikenal kaum kampreters dan kubu Jokowi atau cebongers.

Mungkin juga sebagai pengandaian bahwa Prabowo akan memberikan warna yang signifikan terhadap pemerintahan Jokowi berikutnya. Dengan kata lain pengaruh Ketua Umum Gerindra itu sangat besar selama Jokowi memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Anda pun mungkin memiliki penafsiran sendiri terhadap foto kombinasi tersebut. Intinya, beragam penafsiran akan terlahir dan terjawab kebenarannya secara perlahan hingga 2024 mendatang. Selamat menafsirkan dengan akal sehat Anda!

0 comments: