Monday, February 11, 2019

Batu Panyaharan dan Batu Tangkasiang



Pada zaman dahulu ada dua batu bernama Batu Panyaharan yang terletak di sebelah hilir desa Batu Nyiwuh dan Batu Tangkasiang.

Batu Panyaharan sangat jahat dan dapat berubah-ubah, salah satunya berubah menjadi manusia. Setiap orang yang melewatinya jarang yang selamat. Hanya orang yang berilmu pelindung diri yang dapat selamat dari Batu Panyaharan.

Kabar tentang Batu Panyaharan didengar oleh Batu Tangkasiang. Batu Tangkasiang yang yang baik hati sangat marah dengan sikap Batu Panyaharan. Ia meyampaikan pesan kepada Batu Panyaharan agar berhenati membunuh orang yang tidak bersalah, jika tidak mau, maka Batu Panyaharan harus berhadapan dengan Batu Tangkasiang.

Batu Panyaharan pun sangat marah kepada Batu Tangkasiang dan mereka sepakat berkelahi satu lawan satu. Setelah beberapa hari Batu Tangkasiang menggulir diri mengihilir Sungai Kahayan, maka sampailah ia di desa Batu Nyiwuh. Karena sudah tidak sabar lagi, Batu Tagkasiang langsung menyerang Batu Payaharan.

Tiga hari mereka berkelahi dengan kekuatan penuh. Batu Panyaharan akhirnya kalah dan menyerah kepada Batu Tangkasiang dan ia bersumpah tidak akan mengganggu orang lagi. Untuk merayakan kemenengan Batu Tangkasiang, para tokoh adat beserta warganya membuat pesta yang sangat meriah.

0 comments: