Tuesday, February 9, 2021

Bagaimana Kabar Sastra di Myanmar?


Beberapa hari terakhir ini Myanmar menjadi salah satu sorotan mata dunia. Betapa tidak? Telah terjadi kudeta di negara yang juga dikenal dengan nama Burma itu. 

Bahkan, setelah ratusan ribu orang berunjuk rasa di seluruh negeri menentang kudeta, darurat militer dideklarasikan di sebagian Kota Mandalay, kota terbesar kedua di Myanmar pada Senin (kemarin). 

Dikabarkan Merdeka, dalam perintah tersebut pihak militer melarang warga berunjuk rasa atau berkumpul lebih daripada lima orang, dan memberlakukan jam malam mulai pukul 20.00 sampai 04.00 waktu setempat. 

Lantas, bagaimana kabar sastra di Myanmar, setidaknya dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini?

Jauh dari ingar-bingar berita seputar percaturan politik negeri itu, sebenarnya Myanmar tidak abai terhadap kehidupan sastra. Apa buktinya? 

Salah satu yang mencolok adalah Irrawaddy Literary Festival. Acara nirlaba yang dijalankan sepenuhnya oleh sukarelawan dalam merayakan dunia sastra khususnya para penulis Myanmar dan  internasional ini telah sukses diadakan di sana.

Berdasarkan agenda umum, kegiatannya berlangsung rutin setiap satu atau dua tahun sekali di Myanmar. Festival perdana digambarkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris (saat itu), William Hague, sebagai "mencapai lebih banyak untuk kebebasan berbicara dalam satu sore daripada kebanyakan dari kita yang mengelola seumur hidup." 

Ya, pada tahun 2013 Festival Sastra Irrawaddy pertama berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Februari di Hotel Danau Inya di Yangon. Aung San Suu Kyi adalah pembicara kunci festival. Peserta lain termasuk penulis Wild Swans Jung Chang, penulis A Cocok Boy Vikram Seth, dan sejarawan William Dalrymple. Penulis Burma termasuk Thant Myint-U, penulis "The River of Lost Footsteps", dan Pascal Khoo Thwe, penulis "From the Land of Green Ghosts". Hadir pula jurnalis BBC Fergal Keane, dan jurnalis foto Thierry Falise.

"Saya senang bisa memberikan dukungan dan partisipasi saya untuk Festival Sastra Irrawaddy pertama di Myanmar," kata Aung San Suu Kyi, tokoh demokrasi Myanmar yang menjadi penyokong festival, dalam situs resmi Irrawaddy Literary Festival, seperti terlansir Travel Detik, Jumat (1/2/2013).

Festival tersebut dihadiri oleh sekitar 10.000 peserta, dan dianggap sebagai indikasi signifikan dari pelonggaran undang-undang sensor Burma: sebuah proses yang telah dimulai dalam dua tahun sebelumnya, setelah pembebasan Aung San Suu Kyi dari tahanan rumah pada November 2013.

Kemudian, masih mengutip Wikipedia, Irrawaddy Literary Festival kedua menyelenggarakan daftar peserta yang sama pentingnya, dengan Aung San Suu Kyi, Jung Chang, dan Fergal Keane kembali sebagai pembicara utama, bersama dengan pendatang baru Louis De Bernieres (Mandolin Kapten Corelli), Polly Devlin (All Of Us There ) dan Caroline Moorehead (Martha Gelhorn: A Life).

Acara ini awalnya akan berlangsung di Pagoda Kuthodaw, Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di Mandalay, namun izin yang sebelumnya telah diberikan dicabut sehari sebelum pembukaan Festival. ILF kemudian dipindahkan ke Mandalay Hill Resort Hotel, di mana acara dibuka kurang dari satu jam terlambat dari jadwal.

Sedang Festival Sastra Irrawaddy ketiga berlangsung di Mandalay -- di Mandalay Hill Resort Hotel -- dari 28 hingga 30 Maret 2015. Penulis dan jurnalis pemenang penghargaan internasional ambil bagian, termasuk Louis de Bernières (Mandolin Kapten Corelli), Anne Enright, (The Gathering), Barnaby Phillips (Perang Orang Lain), Ratna Vira (Putri berdasarkan Perintah Pengadilan), Colin Falconer dan Margaret Simons. Mereka bergabung dengan sejumlah penulis Burma dari setiap genre yang banyak di antaranya melakukan perjalanan dari seluruh penjuru negara untuk ambil bagian bersama rekan internasional mereka. 

Pada tahun 2016, Festival ini menjadi badan amal yang terdaftar di Inggris - Irrawaddy Literary Festival Charitable Trust (nomor badan amal terdaftar 1168517).

Festival Sastra Irrawaddy 2017 diadakan pada tanggal 3–5 November. Ini mengikuti model yang ditetapkan dari acara tiga hari gratis untuk masuk dengan interpretasi simultan tersedia di semua sesi. Lebih daripada 4.000 orang hadir, sebagian besar dari Myanmar tetapi dengan jumlah pengunjung internasional yang kuat juga. Program tersebut mencakup sesi tentang kekerasan antarkomunal dan rekonsiliasi dengan partisipasi perwakilan senior dari agama Buddha dan Muslim. 

Pada 2 Mei 2018 pada konferensi pers yang diadakan di Yangon, pengurus Irrawaddy Literary Festival Charitable Trust dan penyelenggara Myanmar mengumumkan pembentukan Dewan Myanmar yang akan memikul tanggung jawab untuk organisasi Festival di masa depan. Hal ini sejalan dengan visi awal Festival, yang ditetapkan oleh direktur pendiri Jane Heyn dan pelindung Festival, Daw Aung San Suu Kyi. Dewan Myanmar dipimpin oleh ketua, Saya U Nay Oke dan wakil ketua Dr Aung Myint.

Selanjutnya, Festival Sastra Irrawaddy berlangsung 9--11 November 2019. Festival ini menandai transisi Festival dari dewan pengawas internasional (dari Irrawaddy Literary Festival Chartable Trust) ke penyelenggara lokal Myanmar, yang dipimpin oleh Sayar U Nay Oke dengan demikian memenuhi keinginan para pendiri dan pelindung Festival.  

Satu hal yang menjadikan Festival Sastra Irrawaddy dianggap unik di antara acara-acara sastra di seluruh dunia. Apakah itu? 

Tidak seperti festival lainnya, semua anggota dewan, penyelenggara, staf, dan pembicara adalah sukarelawan dan tidak menerima pembayaran atas partisipasi mereka. Semua dana sponsor digunakan untuk memproduksi Festival; tidak ada gaji atau biaya yang dibayarkan kepada siapa pun yang terlibat dan kehadiran di semua acara benar-benar gratis.

-------------------------------------------

Sumber: Pixabay, Wikipedia, Merdeka, dan Travel Detik


0 comments: