Wednesday, January 6, 2021

Penguasa Kekhalifahan Turki Utsmani Abad ke-16 Diperingati dalam Pameran Daring


Dilaporkan Daily Sabah, Penguasa Kekhalifahan Turki Utsmani abad ke-16 Sultan Suleiman I, yang memerintah selama 46 tahun, diperingati dalam pameran virtual bertajuk "Kanuni Süleyman Devri" ("Era Sultan Suleiman Yang Agung") pada peringatan 500 tahun naik takhta.

Acara daring tersebut mengakui penaklukan, kampanye, dan pemerintahan selama 46 tahun sultan, yang terlama dari sultan Ottoman atau Turki Utsmani mana pun, serta puisinya yang ditulis dengan nama pena "Muhibbi" (artinya ramah dan kekasih dalam bahasa Turki Ottoman). 

Selain itu, dikabarkan pameran ini juga menampilkan manuskrip-manuskrip tentang era sultan, yang dikenal sebagai Suleiman yang Agung di Barat dan sebagai Pemberi Hukum di wilayahnya sendiri.

Karya-karya terpilih dari Perpustakaan Süleymaniye, yang memiliki koleksi manuskrip terbesar di Turki, dipamerkan dalam pameran serta karya-karya dari perpustakaan Köprülü, Atıf Efendi, Nuruosmaniye dan Ragıp Pasha.

Pengunjung memiliki kesempatan untuk memeriksa 46 manuskrip yang merinci pemerintahan Sultan Suleiman I sambil mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang seni dan budaya Ottoman, dengan kekaisaran memerintah lebih dari 25 juta orang di tiga benua selama zaman Sultan Suleiman.

Mereka dapat menghidupkan kembali kampanye Sultan Beograd melalui kata-kata Feridun Ahmed Bey, seorang perwira Ottoman dan penulis berpengaruh yang hidup di abad ke-16.

Penaklukan Suleiman I atas Rhodes diceritakan oleh Ibn Kemal, yang dikenal sebagai Kemalpaşazade, Sheikh al-Islam (kepala pejabat agama yang ditunjuk oleh pemerintah) dan sejarawan terkemuka.

Kematian sultan selama pengepungan Szigetvar di Kerajaan Hongaria pada tahun 1566 diceritakan dalam tulisan sarjana dan penulis sejarah Ottoman Selaniki Mustafa Efendi, juga dikenal sebagai Mustafa dari Salonica yang juga tersedia untuk pemirsa.

Banyak peristiwa dan tokoh sejarah ditampilkan dalam pameran yang menciptakan potret kronologis pemerintahan sultan dan sejarah Kekaisaran Ottoman. Karya seni oleh seniman terkemuka pada zaman itu, seperti miniaturis dan iluminator Karamemi, ahli kaligrafi Ahmed Karahisari dan penyair Baki, juga dikenal sebagai "Sultan Penyair", disertakan dalam pameran, memberikan konteks yang lebih dalam.

Sumber: Daily Sabah



0 comments: