Thursday, November 5, 2020

Apa Kira-Kira Tanggapan Cina terhadap Rencana Jepang Mengekspor Kapal Perusak MSDF ke Indonesia?



Sudah menjadi rahasia umum antara Pemerintah Cina dan Indonesia sangatlah dekat. Bahkan, ada yang mengatakan Pemerintah Indonesia sangat tergantung kepada negeri yang dipimpin Xi Jinping itu.

Kemudian, bulan lalu, Perdana Menteri Jepang, Yoshihide Suga, setuju dengan Presiden Indonesia  di Bogor untuk mempercepat pembicaraan bilateral tentang ekspor alutsista dan transfer teknologi. Menteri pertahanan kedua negara pun mengadakan telekonferensi pada hari Senin lalu.

Seperti terlansir The Japan Times, Kamis (5/11/2020) Pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk mengekspor kapal perusak Pasukan Bela Diri Maritim mereka ke Indonesia.

Negosiasi ekspor sedang berlangsung dengan pemerintah Indonesia, kata sumber tersebut.

Kesepakatan kapal perusak ini jika tercapai akan memberikan momentum bagi ekspor alutsista Jepang dan membantu mewujudkan inisiatif negara itu untuk membuat kawasan Indo-Pasifik bebas dan terbuka, kata sumber tersebut.

Belakangan ini Jepang memang sedang giat-giatnya meningkatkan teknologinya di bidang militer. Masih dari dunia laut, Jepang gigih mengubah kapal induk helikopter menjadi kapal induk untuk pesawat-pesawat jet tempur. Selain itu, Jepang juga berencana membuat pesawat tempur generasi keenam. 

Itu semua guna menghadapi ancaman nyata dari Cina. Di bawah kepemimpinan Xi Jinping, Cina memang terlihat sangat kentara berambisi menguasai dunia dalam berbagai bidang. 

Nah, lantas apa kira-kira tanggapan Cina terhadap rencana Jepang mengekspor kapal perusak ke Indonesia? Mungkinkah Cina akan marah besar kepada Jepang? 


0 comments: