Friday, October 30, 2020

Turut Prihatin, Gempa Berkekuatan 6,6 Skala Richter Guncang Wilayah Aegean, Turki

 


"Gempa juga terasa di kota metropolitan Turki di Istanbul"

Menurut laporan Anadolu Agency, Jumat (30/10/2020) Gempa berkekuatan 6,6 skala Richter mengguncang wilayah Aegean Turki pada hari Jumat, menurut badan bencana negara itu.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) mengatakan gempa terjadi pada pukul 2.51 malam waktu setempat (1151GMT) pada kedalaman 16,54 kilometer (sekitar 10 mil).

Bugra Gokce, sekretaris jenderal Kota Metropolitan Izmir, mengatakan kepada saluran berita NTV bahwa beberapa rumah di kota itu hancur akibat gempa tersebut.

Gubernur Istanbul Ali Yerlikaya mengatakan gempa itu juga dirasakan di Istanbul, tetapi tidak ada "hal negatif" yang dilaporkan.

Masih dari sumber yang sama, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu mengatakan bahwa enam bangunan di Izmir, sebuah kota di wilayah Aegean Turki, dilaporkan hancur akibat gempa.

Tidak ada penyebab yang dilaporkan, menteri menambahkan.

Provinsi Turki barat lainnya, termasuk Usak, Denizli, Manisa, Balikesir, Aydin dan Mugla mengalami kerusakan kecil pada beberapa bangunan, katanya.

Tim pencarian dan penyelamatan Turki melanjutkan pekerjaan mereka di lapangan, tambah menteri itu.

Mengutip media itu, menurut National Observatory of Athens Geodynamic Institute awalnya menyebutkan magnitudo gempa 6,6 tetapi kemudian direvisi menjadi 6,7. Gempa itu melanda barat laut pulau Yunani Samos di Laut Aegean, kata observatorium itu.


0 comments: