Monday, September 14, 2020

Pesawat Selam, Adakah?

 


Dunia penerbangan semakin canggih. Begitulah kira-kira kalimat yang paling tepat. Lihatlah pesawat perang F-35, misalnya, jauh sekali perbedaannya dengan pesawat-pesawat yang digunakan dalam perang dunia II. 

Pesawat kekinian mampu terbang dengan sangat lincah. Akan tetapi, adakah pesawat yang mampu menyelam di lautan?

Dulu, pada masa perang dunia II, Jepang sudah mampu membawa pesawat di dalam laut. Meskipun demikian, pesawat-pesawat apung tersebut dibawa pihak Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dengan kapal selam induk yang bernama I-400 atau I-yonmarumaru Sensuikan. Kapal induk ini mampu membawa tiga pesawat apung sekaligus. 

Lalu, kembali ke pertanyaan awal tadi, apa jawabannya? 

Ada sebuah video yang memperlihatkan sebuah pesawat helikopter terbang di atas air dan seperti sedang mencoba melakukan penyelaman. 


Dalam video di atas, belum dapat dipastikan apakah memang helikopter buatan Cina itu merupakan helikopter selam atau jenis yang bagaimana. Namun, ada satu hal yang dapat ditarik dari video tersebut, yakni sebuah inspirasi.

Sejalan dengan akal manusia yang kian canggih, agaknya hal demikian dapat menjadi inspirasi untuk membuat pesawat selam yang bermanfaat bagi manusia. Sebutlah untuk pertahanan wilayah laut negara dari serangan luar. Selebihnya, mungkin akan ada banyak manfaat yang muncul kemudian.


0 comments: