Thursday, August 20, 2020

Soal Peretasan Laman Tempo, Apa Tanggapan Komnas HAM?

 

Laman atau website Tempo (DOT) co mengalami peretasan oleh oknum tak bertanggung jawab. Ini tentu sebuah tragedi dalam alam demokrasi yang menjamin kebebasan pers dan kemanusiaan. 

Nah, menanggapi peristiwa berbahaya ini, apa kata Komnas HAM?

Dilaporkan Tempo, Jumat (21 Agustus 2020) Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menilai peretasan Tempo.co merupakan ancaman serius untuk kehidupan demokrasi dan hak asasi manusia.

"Ini bukan hanya menjadi persoalan Tempo Group semata. Tapi persoalan bersama bagi yang menginginkan Indonesia lebih demokratis dan menjunjung tinggi HAM," kata Komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, melalui pesan teks pada Jumat, 21 Agustus 2020 seperti terlansir media itu.

Anam menambahkan bahwa sangat penting bagi kepolisian untuk membongkar peretasan ini dan melakukan penegakan hukum dengan maksimal. Sebab, tanpa penegakan hukum maksimal dan membongkar jaringan sampai ke akarnya akan menjadi momok bagi demokrasi dan HAM Indonesia.

Ia berharap insiden peretasan Tempo.co ini tidak akan dialami oleh media lainnya. "Semoga peristiwa yang dialami Tempo tidak dialami oleh media lainnya dan tidak terpengaruh oleh peristiwa ini," ucap Anam.

Mengutip media tersebut, lebih lanjut, Anam pun memberikan dukungan kepada Tempo untuk tetap menyajikan informasi secara akurat yang dibutuhkan publik. 


0 comments: