Friday, August 21, 2020

Ini Kejahatan: Cina Gunakan Perang Bio dengan Memanfaatkan Individu yang "Divaksinasi" Setelah Papua Nugini Tolak Membayar kembali "Pinjaman"


Jebakan utang Cina sudah menjerat leher beberapa negara. Bagi negara yang berhasil dijebak, mau tak mau harus tunduk kepadanya Cina. Bahkan, Turki tak berdaya sehingga diam-diam mengirimkan kembali orang-orang Uyghur ke Cina untuk mendapatkan hukuman kejam yang dibuat-buat.

Terkait utang, Papua Nugini (PNG) pun demikian. Ketika Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa baru-baru ini melakukan pemungutan suara pada resolusi yang mendukung undang-undang keamanan nasional Cina yang kejam, yang telah secara efektif menghancurkan kebebasan berbicara dan kebebasan berkumpul di Hong Kong, PNG  memilih "ya".

Meski demikian, kali ini PNG mulai berani. Ceritanya begini. Dilaporkan TFIPost, Jumat (21/8/2020) PNG telah memberikan Cina sikap dingin. Baru-baru ini, Papua Nugini menjadi contoh yang bagus tentang bagaimana menangani diplomasi perangkap utang Cina. Negara kepulauan kecil itu -- tempat perusahaan Cina yang terkenal Huawei membangun Pusat Data Nasional dengan pinjaman 53 juta dolar dari Bank Ekspor-Impor Cina -- menolak untuk membayar kembali pinjaman tersebut karena Cina menggunakan pusat data ini untuk memata-matai urusan Papua Nugini.

Timothy Masiu, yang menangani Kementerian Komunikasi dan Teknologi Informasi di Papua Nugini menuduh Cina sengaja membangun pusat data yang salah. “Jika Anda membeli sesuatu dari toko dan tidak berhasil, Anda mengembalikannya dan mendapatkan uang Anda kembali,” kata Masiu kepada The Australian Financial Review, harian Bisnis utama Australia. 

Ia menambahkan, “Kami sedang berjuang untuk membayar kembali utang kami yang lain, mengapa kami harus membayar kembali pinjaman ini?” 

Setelah peristiwa itu, sebuah perusahaan milik negara Cina, Cina Metallurgical Group Corporation (MCC), yang mengendalikan tambang nikel utama di Papua Nugini mengatakan bahwa 48 staf yang kembali dari Cina awal bulan ini mungkin dinyatakan positif COVID-19 karena mereka telah divaksinasi. 

Padahal, belum ada vaksin Coronavirus yang ditemukan hingga saat ini. Oleh karena itu, Cina diyakini menggunakan pekerja dari perusahaan milik negara PNG sebagai tikus laboratorium dan mengujinya di tanah asing. 

Sehubungan dengan hal tersebut, masih dari sumber yang  sama, pada Kamis, Cina menghadapi beberapa pertanyaan sulit dari otoritas Papua New Guinea atas perkembangan yang mengejutkan tersebut. Dengan demikian, kontroversi vaksin tampaknya menambah perbedaan yang sedang berlangsung antara Beijing dan Port Moresby.

Dengan gampangnya anak perusahaan MMC NiCo Ramu menyatakan bahwa setiap hasil vaksin virus Corona yang positif adalah "reaksi normal dari vaksinasi dan bukan karena infeksi." Pernyataan itu selanjutnya berbunyi, "Dibutuhkan sekitar tujuh hari untuk menghasilkan antibodi di tubuh penerima vaksin setelah divaksinasi." Ia menambahkan, "Jika mereka perlu diuji lagi untuk COVID-19, disarankan untuk dilakukan setidaknya tujuh hari setelah tanggal vaksinasi."

Klaim keterlaluan yang dibuat oleh perusahaan milik negara Cina tersebut telah menjadi titik nyala api antara Cina dan PNG. Pihak  PNG, David Manning mengatakan kepada AFP bahwa dia menuntut jawaban dari Cina dan juga memblokir penerbangan Cina yang membawa 150 pekerja.

Manning, yang tampaknya jengkel dengan Cina atas perkembangan terbaru, berkata, "Saya menuntut penjelasan dari duta besar Cina tentang bagaimana ini bisa terjadi." Dia menambahkan, "Saya telah menulis kepada pemerintah Cina melalui duta besar Cina - untuk menjelaskan bagaimana 48 karyawan perusahaan negara ini divaksinasi."

Dirinya juga memperjelas bahwa Papua Nugini "saat ini tidak mengakui vaksin" untuk virus Cina dan tidak memiliki rencana untuk melakukannya kecuali vaksin tersebut disetujui oleh regulator kesehatan. Dia juga telah mengeluarkan keputusan yang melarang pengujian virus Corona, uji coba dan perawatan vaksin tanpa persetujuan di negara pulau itu.

Di Papua Nugini, ada kekhawatiran yang berkembang bahwa sebagian staf NiCo Ramu mungkin telah melewati prosedur karantina saat kembali dari Cina, atau bahwa vaksin diberikan secara ilegal di Papua Nugini atau bahwa warga Papua Nugini sedang menjalani pengujian vaksin.

Sementara itu, Duta Besar Cina untuk Papua Nugini bertindak seperti pejuang serigala lainnya dari Negara Komunis yang tak peduli dan tidak bertanggung jawab. 

Mengutip media tersebut, sentimen anti-Cina sedang meningkat di Papua Nugini karena diplomasi perangkap utang Cina dan kontroversi vaksin Cina terbaru mungkin benar-benar terbukti menjadi pukulan terakhir. 

Tampaknya Cina berencana untuk menjadikan negara itu sebagai arena bermain untuk menguji kemanjuran produk vaksin di bawah standar. Saat dunia mencoba berperang keluar dari Pandemi, Cina sedang mencoba membuat yang baru.


0 comments: