Saturday, August 29, 2020

FBI: Peneliti Cina Kedapatan Melarikan Diri ke Cina Daratan dengan Membawa Kode Komputer Curian dari Sebuah Universitas di AS

 


Republik Rakyat Cina memang terkenal dengan pencurian teknologi untuk memajukan negara mereka. Jika tak mencuri secara langsung, Cina akan membeli produk lalu membongkarnya untuk ditiru dan dikreasikan seadanya. Dengan begitu, produk tiruan dengan sedikit kreas itu dapat dijual dengan harga yang lebih murah daripada aslinya. Dan, Cina pun untung besar. 

Terkait pencurian yang dilakukan Cina, menurut FBI yang terlansir Washington Examiner (28 Agustus 2020) bahwa seorang peneliti terkait militer China ditangkap oleh otoritas AS di bandara mencoba melarikan diri ke Cina dengan kode komputer yang sangat canggih yang dia curi dari sebuah universitas AS yang dapat digunakan untuk robot bawah air dan mesin pesawat.

Seorang agen khusus FBI dalam pernyataan tertulis 11 halaman yang diajukan pada hari Jumat di pengadilan federal di Virginia, mengatakan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS menghentikan Hu Haizhou, seorang peneliti dari Departemen Teknik Mesin dan Dirgantara Universitas Virginia yang ditemukan juga bekerja untuk universitas yang terkait dengan militer Cina, sebelum dia dapat naik penerbangan ke Qingdao, Cina, dari Chicago's O ' Bandara Internasional Hare pada hari Selasa.

Menurut agen tersebut, Matthew Rader, penyelidik CBP menanyai Hu dan menelusuri perangkat elektroniknya, yang mengungkapkan file terkait penelitian UVA yang disimpan di laptopnya, termasuk "kode perangkat lunak simulasi penelitian yang terinspirasi oleh bio" yang dikembangkan oleh "Profesor 1".

Dijelaskan, penelitian yang terinspirasi dari biologi berkaitan dengan mempelajari kompleksitas makhluk terbang dan berenang di alam dan menerapkannya pada penerbangan berawak atau kapal selam - seringkali dengan aplikasi militer.

Hu "tidak memiliki akses yang sah ke materi ini, dan dia mengakui bahwa "Profesor 1" tidak ingin dia memilikinya dan akan kecewa mengetahui bahwa HU memilikinya," kata FBI yang dikutip media itu. 

Media tersebut juga menyebutkan profesor yang menjalankan Aliran multiuniversitas Simulations Group telah mengembangkan kode ini selama 17 tahun terakhir dan disponsori oleh National Science Foundation Pemerintah AS dan Kantor Riset Angkatan Laut. Agen khusus FBI mengatakan bahwa ada kemungkinan penyebab untuk menuntut Hu secara federal dengan intrusi komputer ilegal terkait penipuan dan pencurian rahasia dagang. Pemeriksa Washington dapat mengonfirmasi bahwa Hu ditangkap .

Masih dari sumber yang sama, Hu telah bekerja untuk profesor itu dari Maret 2019 hingga Agustus 2019, dan profesor tersebut memberi tahu penyelidik bahwa Hu telah meninggalkan universitas secara tiba-tiba untuk kembali ke Cina tanpa mengucapkan selamat tinggal. Hu mengatakan kepada penyelidik bahwa dia juga bekerja pada Laboratorium Kunci Cina untuk Dinamika Fluida di Universitas Beihang Cina, yang menerima dana dari Pemerintah Cina serta secara khusus dari angkatan udara Cina. 

Hu telah melihat profesor memberikan kuliah tentang "biomimik dalam aerodinamika" di universitas Cina pada tahun 2017 dan telah mendekati profesor tersebut untuk melakukan penelitian untuknya di Amerika Serikat, kata Rader.

Hu juga pernah kuliah di Universitas Harbin Cina, yang merupakan tempat dia bekerja untuk Laboratorium Kunci Teknologi Robot Bawah Air, yang dia akui, "tentu saja," didanai oleh apa yang disebut Tentara Pembebasan Rakyat China, kata pernyataan tertulis itu.

Hu berkata bahwa "dia diarahkan oleh Dewan Beasiswa Cina untuk mengunggah laporan ringkasan mengenai penelitian UVA-nya setiap 6 bulan," kata Rader. Hu mengatakan kepada penyelidik bahwa dia mencoba untuk membawa semua penelitian UVA-nya ke Cina.

Mengutip media itu, penyelidik menemukan sekitar 9.600 file kode sumber menggunakan bahasa komputer FORTRAN di laptop Hu yang terkait dengan "pembelajaran, penelitian, dan pemodelan yang terinspirasi oleh bio". Profesor itu mengatakan kode-kode itu digunakan dalam simulasi yang terkait dengan penelitian yang didanai oleh NSF. Profesor itu mengatakan bahwa "kode intinya" adalah "hak milik". Penyelidik menemukan bahwa Hu telah melarikan diri dengan 55 file kode inti, yang menurut profesor itu, "merupakan keseluruhan dari kode intinya yang telah dia kembangkan selama 17 tahun terakhir."

Saat diwawancarai oleh para penyelidik, profesor tersebut “menggambarkan kode inti sebagai perangkat lunak simulasi penelitian yang terinspirasi oleh bio yang paling unggul di dunia” dan mengatakan penggunaannya termasuk “robotika bawah air, kendaraan selam, mesin pesawat, dan aplikasi kelautan dan ruang angkasa lainnya."

Profesor tersebut mengatakan bahwa Hu telah meminta akses ke kode inti profesor berkali-kali dan bahwa dia dan dua asisten lulusan resminya telah menolak akses Hu setiap kali. Profesor dan dua asistennya memberi tahu penyelidik bahwa mereka belum memberikan akses kepada Hu, dan FBI tidak secara spesifik mengungkapkan bagaimana dia telah mencuri kode komputer tersebut.

"Universitas Virginia mengetahui penangkapan dan tuduhan terhadap mantan sarjana tamu," kata Wesley Hester, direktur hubungan media di Universitas Virginia, kepada Washington Examiner.

"Kami telah dan terus bekerja sama sepenuhnya dengan penegak hukum sehubungan dengan penyelidikan pencurian rahasia dagang Universitas. Karena ini masih penyelidikan kriminal yang aktif dan sedang berlangsung, kami tidak akan memberikan komentar lebih lanjut untuk saat ini."

Sementara itu, Direktur Intelijen Nasional, John Ratcliffe, baru-baru ini mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Washington Examiner bahwa “Cina merupakan ancaman keamanan nasional yang lebih besar bagi AS daripada negara lain - secara ekonomi, militer dan teknologi. Itu termasuk ancaman pengaruh dan campur tangan pemilu."


0 comments: