Tuesday, July 21, 2020

Mengusung Misi Besar, Kapankan Museum Muhammadiyah Bakal Dibuka?

Museum Muhammadiyah - Persyarikatan Muhammadiyah


Sebuah kabar gembira bahwa sebuah museum terkait perjuangan sebuah ormas Islam terbesar di Indonesia akan dibuka. Ya, Museum Muhammadiyah namanya. Direncanakan, jadwal peresmian museum ini pada November 2020 mendatang.

Seperti terlansir Persyarikatan Muhammadiyah, Rabu (22 Juli 2020) museum tersebut akan dibuka untuk umum dengan membawa wajah baru bagi museum modern yang edukatif, rekreatif, berbasis teknologi virtual-digital sekaligus ramah anak, perempuan dan difabel.

Sejak awal keberadaannya digagas sebagai etalase sejarah dan dinamika pergerakan dakwah pencerahan Muhammadiyah di masa lalu, masa kini dan rencana Muhammadiyah di masa yang akan datang.

Anda dapat mengunjunginya nanti di kompleks kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Dikabarkan museum setinggi 5 lantai ini
akan mengusung misi besar Muhammadiyah merebut tafsir sejarah dan juga memberikan fasilitas bagi para akademisi yang melakukan penelitian hingga kelompok kesenian yang ingin berkreasi.

“Perjalanan panjang Muhammadiyah menorehkan sejarah penuh dengan perjuangan yang luar biasa. Melahirkan karya-karya monumental yang hari ini bisa kita rasakan dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial, dan lain-lain, termasuk dalam bidang literasi Suara Muhammadiyah (majalah tertua di Indonesia) masih hidup,” jelas Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad pada kesempatan terpisah, Senin (20/7) yang dikutip media itu.

“Museum ini menjadi bukti yang tak terbantahkan tentang perjuangan Muhammadiyah selama 100 tahun lebih dalam kiprahnya memajukan, mencerdaskan, dan mensejahterakan Indonesia yang  sampai hari ini seperti sekarang, perjuangan melawan Covid luar biasa, tidak ada tandingannya dengan organisasi lain, kita yang terdepan,” imbuhnya.

0 comments: