Wednesday, July 22, 2020

Berikut Tiga Pesan Penting Emil untuk Pemerintah Indonesia Saat Ini!


Ilustrasi - Pixabay


Siapa yang belum mengenal Emil Salim. Seorang guru besar emeritus Universitas Indonesia. Juga seorang ahli ekonomi dan mantan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan Lingkungan Hidup Indonesia (1978--1993).

Nah, Profesor Emil hadir dalam Rembug Nasional Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan tema "pemerdaulatan sumber daya alam untuk kesejahteraan rakyat". Acaranya sendiri digelar secara daring (dalam jaringan/online).

Dalam kesempatan itu, seperti terlansir Persyarikatan Muhammadiyah, Profesor Emil yang juga dikenal sebagai tokoh pengelolaan lingkungan hidup Indonesia ini memberikan tiga pesan penting kepada Pemerintah Indonesia saat ini.

Berikut adalah tiga pesan tersebut.

Pertama, perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan serta prasarana umum seperti listrik, air dan jaringan telekomunikasi harus maksimal. Perbaikan pada sektor pendidikan akan bertautan langsung dengan pemerataan kesejahteraan. Sedangkan perbaikan akses atas prasarana umum merupakan syarat mutlak pelayanan pada hajat hidup orang banyak.

Kedua, menurut Emil, pemerataan pembangunan harus selalu memperhatikan konteks budaya, adat, alam, dan keragaman wilayah di seluruh Indonesia. Penyeragaman agenda pemerataan pembangunan jangan sampai salah kaprah. Sebab paradigma dan potensi antar daerah berbeda-beda.

“Singkatnya Indonesia bisa maju karena kekayaan alamnya sangat subur. Pola pikir Bhineka Tunggal Ika. Jangan Jawasentris. Kembalikan penggunaan SDA sesuai dengan posisi ekosistemnya didukung SDM yang memungkinkan Indonesia mencapai kesejahteraan bangsanya. Jadi kata kunci memahami kekayaan Indonesia adalah keanekaragaman, diversity," ujar Emil.

Terakhir, Emil berpesan bahwa kedaulatan pangan hanya bisa diwujudkan dengan kebijakan yang berpihak pada petani. Baik dalam konteks kualitas teknologi pertanian maupun kesejahteraan petani. Bagi Emil, peran penting petani sangat besar bagi pertumbuhan nyata ekonomi Indonesia.

“Nilai tukar petani jika dihitung antara 105 hingga 108 dari hasil produknya, tetapi ongkos yang dikeluarkan 100. Sehingga sulit mengembangkan pendidikan anak, kesejahteraannya, kebudayaannya. Di perkebunan 130, ongkosnya 100. Berarti produsen pertanian pangan kita mendapatkan imbalan yang tidak memadai karena itu (mereka) tertinggal. Petani kita tidak bodoh. Buktinya swasembada pangan tahun 1984. Kuncinya mendidik petani. Terbesar jumlah tenaga kerja 60 persen masih petani. Naikkan kualitas petani, maka seluruh bangsa akan naik juga,” tutup Emil yang pernah menjadi penerima penghargaan bergengsi internasional Blue Planet Prize dan The J. Paul Getty Award for Conservation Leadership itu.

0 comments: