Thursday, July 16, 2020

Lebih daripada 3.000 Warga Telah Meninggalkan Desa-Desa, Apa Alasannya?


Sumber RFA


Dengan tidak mau menyebut sebagai kabar baik atau  buruk, ini jelas sebuah realitas yang cukup mencengangkan. Angka 3.000 bukanlah jumlah yang sedikit. Lantas apa alasannya?

Lebih menukik ke dalam, warga desa mengatakan bahwa mereka pergi karena takut akan kekejaman tentara pemerintah.

Seperti terlansir RFA, Kamis (16/7/2020) penduduk desa yang melarikan diri dari komunitas mereka di tengah konflik bersenjata di kota Maungdaw turun dari kapal di Sittwe, ibukota negara bagian Rakhine Myanmar barat, 15 Juli 2020.

Lebih daripada 3.000 warga sipil telah meninggalkan desa-desa di ujung utara negara bagian Rakhine yang dilanda konflik Myanmar setelah tiga hari pertempuran sengit antara pasukan pemerintah dan tentara Arakan yang menewaskan satu warga desa dan melukai tiga lainnya.

Dilaporkan media itu, menurut Kongres Etnis Rakhine (sebuah LSM Myanmar) para pengungsi dari kota Rathedaung dan Maungdaw bergabung dengan gelombang lebih daripada 200.000 warga sipil yang tinggal di biara-biara Buddha dan kamp-kamp yang ramai setelah diungsikan oleh konflik bersenjata di negara bagian Rakhine sejak akhir 2018.

Pertempuran baru antara kedua pasukan dimulai pada 12 Juli di dekat desa Koe Tan Kauk di Rathedaung dan desa Chain Khar Lain, dan di Desa Sar Ngan Chaung di Maungdaw. Combat mengamuk hingga 14 Juli, hari di mana warga sipil tewas dan terluka, kata pekerja bantuan setempat.

“Beberapa orang melarikan diri ke Maungdaw, dan beberapa penduduk desa melarikan diri ke Rathedaung dan Buthidaung. Beberapa melarikan diri ke Sittwe. Secara total, ada sekitar 3.000 orang, ”kata Kyaw Min Khaing, seorang sukarelawan yang membantu warga sipil yang terlantar di Sittwe.

Pada 13 Juli saja, lebih dari 2.000 warga sipil dari empat komunitas Rathedaung dan lebih dari 80 orang dari desa Aung Thukha di Maungdaw melarikan diri ke ibu kota Rakhine Sittwe, kata sukarelawan yang membantu warga desa yang dipindahkan itu.

Masih dari sumber yang sama, juru bicara tentara Arakan, Khine Thukha, mengatakan penembakan oleh militer Myanmar selama pertempuran menewaskan seorang warga sipil di Desa Chain Khar Lain, dan bahwa permusuhan berlanjut hingga Kamis dengan tentara pemerintah menggunakan artileri berat di dekat Desa Kyauktan.

Tentara Arakan mencari otonomi bagi etnis Rakhines di negara bagian itu. Dibentuk pada tahun 2009 dengan perkiraan 8.000 pejuang tahun lalu.

Aye Hlaing Chey yang meninggalkan rumahnya di desa Aung Thukha, mengatakan pasukan Myanmar melewati dekat desanya setiap dua atau tiga hari.

"Mereka sangat tidak manusiawi," katanya kepada RFA. "Ketika mereka memasuki desa, mereka menembakkan senjata mereka, dan kami tidak punya senjata untuk melawan mereka."

“Kami hampir tidak bisa menemukan makanan untuk menghidupi diri kami sendiri, jadi pada akhirnya, kami memutuskan untuk meninggalkan rumah kami,” tambahnya.

Mengutip RFA, Warga mengatakan beberapa orang meninggalkan Desa Aung Thukha karena polisi perbatasan mengancam akan membakar rumah-rumah mereka yang mencoba kembali setelah melarikan diri.

Sementara warga Desa Khine Win, yang memiliki putra dan putri remaja, mengatakan dia meninggalkan rumahnya karena dia takut tentara Myanmar akan menyiksa warga sipil yang tinggal di sana.

0 comments: