Thursday, July 16, 2020

Lebih daripada 3.000 Petani Mendapatkan Manfaat dari Sumbangan Pemerintah yang Bertujuan untuk Meningkatkan Ketahanan Pangan


Ilustrasi: (Foto file - Anadolu Agency)



Hari gini masih pakai cangkul dalam menggarap pertanian? Halloooo! Apa kata dunia?

Kata-kata di atas sangat masuk akal di tengah kehidupan manusia yang kian modern. Saat ini, dengan teknologi canggih, lahan pertanian idealnya memang dikerjakan dengan lebih kekinian, terutama pada alat yang digunakan.

Hal itu pula yang sedang digiatkan oleh Pemerintah Turki. Bukan hanya di negara mereka, tetapi juga di negara lain. Ya, sebuah desa di Kenya kini terbantukan oleh mesin pertanian yang disumbangkan oleh Turki.

Dilaporkan Anadolu Agency, para peternak di desa Lessos yang terletak di Lembah Rift Utara sekarang dapat menggunakan rumput basah sebagai pakan ternak mereka.

Rumput-rumput disedot ke dalam mesin dan dipotong-potong kecil kemudian dihempakan keluar melalui saluran ke bagian belakang gerbong yang ditarik traktor di dekatnya.

Ini nantinya akan digunakan untuk membuat pakan ternak berkualitas bagi masyarakat yang bergantung pada peternakan.

Ezekiel Kipseng, seorang manajer koperasi petani, mengatakan kepada Anadolu Agency, "Kami telah menerima peralatan dari Turki yang akan membantu petani kami menghemat pakan terutama selama musim kering. Ini akan membantu kami mengatasi fluktuasi susu yang terjadi dua kali dalam setahun.”

“Mesin silase akan membantu petani kami menghemat pakan. Atas nama petani Lessos kami sangat berterima kasih atas apa yang kami terima karena akan mengubah mata pencaharian petani kami," tutur Kipseng.

Mengutip media itu, proyek Badan Kerjasama dan Pengembangan Internasional Turki (TIKA) itu bertujuan untuk mengakhiri kelaparan dengan membantu masyarakat mencapai keamanan pangan, penduduk setempat menerima sumbangan peralatan pertanian senilai USD86.000.

Masyarakat di Negara Kenya menerima alat penggiling dan mixer pakan, helikopter silase, pemanen pakan ternak, trailer silase, mesin pengemasan silase, dan peralatan lainnya untuk meningkatkan produksi pakan ternak mereka.

Emre Yuksek, koordinator TIKA di Nairobi, mengatakan Turki telah mendukung para petani dengan produksi pakan ternak dan praktik terbaik untuk menggunakan metodologi silase bergizi.

Hal tersebut sungguh luar biasa dan sangat mulia. Semoga Turki akan terus meningkatkan bantuan seperti itu untuk kesejahteraan umat manusia. Aamiin.

0 comments: