Friday, June 26, 2020

Taiwan Sambut Undangan Acara Besar-besaran yang Dipimpin AS


Sumber Taiwan News


Ini sebuah kejutan yang menggembirakan bagi Taiwan.

Dilaporkan Taiwan News, Jumat (26/6/2020) Kementerian Luar Negeri (MOFA) mengatakan Jumat (26 Juni) proposal dari komite Senat Amerika Serikat mengundang Taiwan untuk berpartisipasi dalam latihan militer Rim of the Pacific (RIMPAC) menunjukkan Washington menghargai peran positif negara kepulauan dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

Undangan ini dimasukkan dalam versi Undang-Undang Otorisasi Pertahanan Nasional (NDAA) 2021, yang disampaikan oleh Komite Layanan Bersenjata Senat pada hari Selasa (23 Juni).

RIMPAC edisi ke-27 dijadwalkan pada akhir Agustus, dengan 20 negara diperkirakan akan berpartisipasi, tetapi tidak dengan China, CNA melaporkan seperti terlansir media itu.

Ini berarti, jika Taiwan diundang, itu akan menjadi pertama kalinya Angkatan Laut pulau itu diizinkan untuk mengambil bagian dalam acara besar-besaran yang dipimpin AS.

MOFA mengucapkan terima kasih kepada Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat atas perhatian yang mereka berikan pada keamanan dan stabilitas Taiwan melalui NDAA. Versi terbaru dari tindakan tersebut termasuk langkah-langkah untuk memperdalam kerja sama dan pertukaran antara militer kedua negara, menurut MOFA.

Mengutip sumber yang sama, selama pemeriksaan oleh legislator pada bulan Mei, Menteri Pertahanan Yen De-fa mengatakan militer Taiwan akan berusaha untuk berpartisipasi dalam RIMPAC.

0 comments: