Thursday, June 25, 2020

Guru seperti Apa Menurut Anies yang Tidak Bisa Digantikan oleh Teknologi?


Ilustrasi - Pixabay



Selama pandemi COVID-19, banyak aktivitas yang dilakukan dengan teknologi, sebutlah pertemuan secara daring. Termasuk pula dalam proses belajar dan mengajar.

Selain itu, siswa juga bisa belajar dengan membaca melalui media daring penyedia materi yang mereka butuhkan. Artinya, pembelajaran dapat dilakukan tanpa harus melakukan dengan tatap muka secara langsung di sekolah.

Nah, Anies Baswedan saat menjadi pembicara dalam seminar daring Kamis 25 Juni 2020 mengungkapkan perihal guru yang dapat digantikan teknologi dan ada pula yang tidak.

Seperti terlansir RMOL, Jumat (26/6/2020) menjelaskan, “Guru yang mekanistik, guru yang mengajar itu-itu saja, guru yang bahannya itu bisa ganti PowerPoint dan video, mungkin itu bisa guru yang bisa digantikan dengan teknologi.”

Lalu, guru seperti apakah yang tidak bisa digantikan dengan teknologi? Atau dengan kata lain, kehadirannya tidak bisa digantikan secara daring?

Mengutip media itu, Anies pun mengungkapkan, yang dibutuhkan siswa adalah "sosok" guru yang pada saat ia datang bisa membawa suasana ceria dan memberikan bermacam-macam inspirasi.

“Kalau guru yang datang dengan hati dan macam-macam inspirasi, maka apa pun itu tidak akan bisa menggantikan guru,” tegas Anies.

0 comments: