Wednesday, June 10, 2020

Presiden Taiwan akan Berbicara tentang Mempertahankan Demokrasi Selama COVID-19 di Kopenhagen Democracy Summit



Sumber Taiwan News


Sebagai negara demokrasi yang berdaulat penuh, Taiwan membuktikan diri menjadi negara hebat dalam penanganan COVID-19. 

Dan, seperti terlansir Taiwan News, Kamis (11/6/2020) Presiden Taiwan, Tsai Ing-wen, (蔡英文) akan membahas pembelaan demokrasi di tengah pandemi coronavirus Wuhan (COVID-19) sebagai pembicara utama pada KTT Demokrasi Kopenhagen tahun ini pada Jumat (19 Juni) mendatang.

Karena pandemi, KTT tahun ini akan diadakan secara virtual dan akan membahas topik "kepemimpinan global AS dan pemilihan umum 2020, demokrasi dan teknologi, bisnis yang bertanggung jawab, dan membela demokrasi selama masa pandemi," menurut situs web Alliance of Democracies Foundation yang dikutip media itu.

Dikatakan acara ini akan diadakan pada hari Kamis (18 Juni) dan Jumat, dengan Tsai memberikan presentasi berjudul "Membela Demokrasi selama COVID-19," pada hari kedua.

Ada hal menarik di sini. Apa itu?

Foto Tsai ditampilkan dalam posisi yang menonjol di sudut kiri atas semua pembicara yang dijadwalkan.

Adapun pembicara lain termasuk Sekretaris Negara AS Mike Pompeo, aktivis Hong Kong dan Sekretaris Jenderal Demosisto Joshua Wong, Mantan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Mantan Sekretaris Negara AS Madeleine Albright, Wakil Presiden Komisi Eropa Vera Jourova, Wakil Sekretaris Jenderal NATO Mircea Geoana, Mantan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, dan Presiden Microsoft Brad Smith.

Masih dari sumber yang sama, ini adalah tahun ketiga yayasan mengadakan KTT, yang berlangsung setiap kali di Kopenhagen. Tahun lalu, ketua penyelenggara Anders Fogh Rasmussen, mantan sekretaris jenderal NATO dan mantan perdana menteri Denmark, mengundang Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu (吳 釗 燮) untuk berbicara pada pertemuan tersebut.

0 comments: