Friday, May 15, 2020

World Nomad Games Ditunda!



Apakah World Nomad Games itu? Mungkin pertanyaan tersebut yang pertama kali muncul di benak sebagian orang. Wajar jika demikian. Pertandingan ini memang tak seterkenal olimpiade musim panas dan dingin.

World Nomad Games atau Pertandingan Nomad Dunia merupakan perayaan keanekaragaman dan dialog antar-budaya yang menyoroti kekuatan olahraga sebagai pemersatu berbagai komunitas berbahasa Turki.

Ajang olahraga tersebut juga berperan besar dalam memperkenalkan budaya dan tradisi kuno orang-orang berbahasa Turki kepada dunia.

Seperti terlansir Anadolu Agency, Jumat (15.05.2020) World Nomad Games telah diadakan sejak 2014 dan acara-acaranya meliputi olahraga tradisional seperti gulat, berburu elang, dan berkuda.

“Sebagai pemersatu warisan budaya semua negara dan rakyat yang berbahasa Turki, ajang World Nomad Games telah menyatukan ribuan olahragawan, penonton, serta pejabat negara dari seluruh dunia," kata Sekretaris Jenderal Dewan Turk, Baghdad Amreyev, dalam sebuah pernyataan.

Nah,  sayangnya, World Nomad Games ke-4 yang rencananya akan digelar di Turki, resmi ditunda karena wabah virus korona.

“Terlepas dari persiapan yang sedang dilakukan oleh Turki bersama dengan negara-negara anggota lainnya dan Sekretariat Dewan Turk, World Nomad Games ke-4 harus ditunda hingga tahun depan karena situasi saat ini," jelas Amreyev yang dikutip media itu.

"Penundaan ini adalah upaya kami untuk memastikan perlindungan kesehatan para atlet dan peserta lain yang datang dari seluruh dunia. Sekretariat Dewan Turki berkomitmen untuk menyelenggarakan World Nomad Games ke-4 di tahun 2021 tanpa kendala," imbuh Amreyev.

0 comments: