Friday, May 15, 2020

Emily Feng: "Diary Wuhan" Membawa Akun Wabah Virus Corona China Untuk Penutur Bahasa Inggris



Buku Harian Wuhan: Kiriman dari Kota Karantina oleh Fang Fang - HarperVia, NPR

Ini tentang sebuah buku harian yang ditulis seorang novelis asal Cina daratan. Adalah Fang Fang yang dengan berani menuliskan dan memublikasikan secara daring wabah coronavirus baru (COVID-19) di kota Wuhan, Cina.

Kemudian, catatan hariannya itu diterbitkan dalam bahasa Inggris. Berikut ulasan singkat oleh Emily Feng yang dimuat NPR, 14 Mei 2020 seputar buku tersebut. Emily Feng adalah koresponden NPR Beijing.

Dalam tulisannya yang sekarang terkenal di dunia, penulis China Fang Fang menganjurkan: "Yang meninggal sudah pergi, tetapi yang hidup harus terus berjalan. Seperti sebelumnya. Saya hanya berharap kita bisa mengingatnya."

Laporan terperinci penulis tentang wabah coronavirus baru di Kota Wuhan, Cina, yang awalnya diterbitkan dalam bahasa Cina sebagai catatan harian karena virus menyebar dengan cepat di sana, menjadi tersedia dalam bahasa Inggris pada hari Jumat sebagai Wuhan Diary: Dispatches from a Quarantined City. Potongan-potongan dan klip-klip tulisan Fang Fang tentang situasi di Wuhan berhasil keluar dari Cina dan ke dalam bahasa Inggris ketika wabah itu berlangsung, tetapi sekarang akun lengkapnya akan tersedia dalam bahasa Inggris.

Memori adalah pusat dari buku harian Fang Fang. Jadi masuk akal tentang ketiadaan sama sekali: kehidupan seperti yang kita tahu; dari setiap dan semua kegiatan ekonomi. Seperti puluhan juta pembaca lainnya, saya membaca Fang Fang dalam kesendirian isolasi, mencari pemahaman bersama tentang bagaimana pandemi telah mengubah negara tempat kami tinggal, Cina.

Sebelum virus corona jenis baru melanda Kota Wuhan di Cina, Fang Fang sudah menjadi novelis fiksi realis dan pemenang penghargaan. Tetapi kroniknya tentang penguncian kota kelahirannya, Wuhan, mungkin merupakan pekerjaannya yang paling bertahan lama.

Fang Fang menulis entri pertamanya pada 25 Januari, dua hari setelah kota itu tiba-tiba ditutup dari seluruh Cina, untuk membiarkan teman-teman dan siapa pun yang penasaran mengerti "apa yang sebenarnya terjadi di sini di tanah di Wuhan." Selama 59 entri berikutnya yang mencakup lebih dari dua bulan, tulisannya beralih dari sekumpulan aspek kehidupan sehari-hari di bawah penguncian ke rasa frustasinya yang meningkat terhadap para pejabat setempat (tidak ada sedikit pun keberanian di Cina).

Karena kebutuhan, buku hariannya menggantikan segala jenis karya sastra tradisional, baik dalam bentuk maupun isi.

Pada awal Februari, sensor internet China bekerja lembur (lebih panjang), selama puncak epidemi, untuk menghapus konten kritis. Buku harian Fang Fang dengan demikian sering berfungsi sebagai arsip, menggambarkan video dan berita yang biasanya dihapus pada saat ia berhasil menerbitkan entri hariannya. Ketika buku harian daringnya mulai menarik jutaan pembaca, ia mulai memasukkan informasi yang diperoleh dari pesan teks dan panggilan telepon dari teman-teman yang memiliki koneksi baik di bidang seni dan medis, membentuk semacam kolase tertulis dari Wuhan.

Akhirnya, sensor datang untuk Fang Fang. Pembaca yang loyal mengambil screenshot dari entri-entrinya sebelum dihapus, atau membantu memublikasikan ulang di berbagai saluran media sosial lainnya.

Sayangnya, terjemahan bahasa Inggris dari buku hariannya dalam bentuk buku tidak dapat menangkap multidimensi ini. Buku Harian Wuhan kehilangan banyak sifatnya yang menarik dan real-time dengan memadatkan 60 entri menjadi sebuah buku tebal tunggal. Meskipun demikian, itu adalah prestasi heroik terjemahan cepat dari veteran Michael Berry.

"Anda memiliki seluruh alam semesta penghubung yang memanjang dari entri buku hariannya ... tentu saja, membacanya sekarang, setelah fakta, adalah pengalaman yang sangat berbeda," Berry, yang juga menerjemahkan novel terakhir Fang Fang, Soft Burial, kepada NPR. Namun, pembaca di AS kemungkinan akan menemukan banyak keluhannya tentang pejabat lokal dan beban menjauhkan sosial terlalu relevan.

Buku harian Fang Fang di Wuhan tetap penting sebagai dokumen yang sepele, tragis, dan absurd selama 76 hari penguncian di Wuhan. Dokumen semacam itu sangat penting sekarang, ketika begitu banyak cara penyebaran virus corona (COVID-19), dan apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemerintah di seluruh dunia untuk menampungnya, sudah diperebutkan oleh AS dan Cina.

"Bayangkan ini: penulis Fang Fang tidak ada di Wuhan hari ini ... Apa yang akan kita dengar? Apa yang akan kita lihat?" tanya penulis Yan Lianke dalam ceramah daring yang dibagikan secara luas pada akhir Februari. Ingatan, Yan melanjutkan dengan mengatakan, adalah lindung nilai paling mendasar terhadap ketidakadilan di masa depan: "Walaupun ingatan mungkin tidak memberi kita kekuatan untuk mengubah kenyataan, itu setidaknya bisa menimbulkan pertanyaan di hati kita ketika sebuah kebohongan menghampiri kita."

Buku harian Fang Fang adalah catatan penting bagaimana rakyat Wuhan menderita dan akhirnya bertahan, bahkan ketika negara ingin menghapus kesalahan awal dari catatan resmi.

Mengajukan pertanyaan tidak membuat orang populer di Cina akhir-akhir ini. Hampir segera setelah dia mulai mempublikasikan entri-entrinya, sebuah pasukan daring ultra-nasionalis membanjiri Fang Fang, marah dengan tuduhan bahwa penulis salah dalam menyuarakan keraguan tentang keunggulan penahanan virus korona China dan dia  mengkhianati tanah kelahirannya. Tuduhan lainnya, dengan buku hariannya dapat diterbitkan dalam bahasa Inggris hanya beberapa bulan setelah kuncian Wuhan dicabut, mereka mengisyaratkan dengan gelap, berarti Fang Fang sengaja membantu negara-negara Barat untuk mencoreng Cina dan mengambil untung dari penderitaan Wuhan. Berry mengatakan bahkan dia telah menerima ribuan email yang berisi kemarahan dan ancaman kematian hanya karena menerjemahkan tulisannya.

Satu surat anonim, yang diduga ditulis oleh seorang siswa sekolah menengah, mengecam Fang Fang karena menyiarkan cucian kotor Cina agar dilihat semua orang. "Anakku, aku juga ingin memberitahumu bahwa ketika aku berumur 16 tahun, aku jauh lebih buruk daripada kamu. Pada saat itu, aku belum pernah mendengar kata-kata seperti 'pemikiran independen,'" Fang Fang dengan lembut menulis kembali.

Republik Rakyat Cina (Cina) saat ini lebih mengglobal dan lebih percaya diri daripada sebelumnya. Ini juga menjadi lebih bermusuhan dengan ide-ide asing, curiga mereka adalah desain Barat untuk menghentikan kebangkitan China, dan telah menunjukkan kesediaannya untuk terlibat dalam diplomasi telanjang.

Suara-suara seperti suara Fang Fang, yang mengingat dengan baik dekade brutal Revolusi Kebudayaan, ketika para remaja Maois menyiksa, menganiaya, dan memukuli orang yang secara politis salah, serta kemakmuran reformasi dan pembukaan ekonomi selanjutnya, semakin jarang terjadi di Cina. Tetapi dalam konteks percakapan yang lebih besar tentang Cina dan tempatnya di dunia, pembaca Amerika sebaiknya mengingatnya.

0 comments: