Saturday, May 16, 2020

Pemerintah Cina Mengancam Anggota Kongres Chris Smith dari New Jersey, Beberapa Anggota Parlemen, dan Pejabat Amerika


Sumber Laman Chris Smith


Mengancam dan diancam. Dua kata yang sering muncul saat kita masih anak-anak dulu. "Awas Kamu akan aku adukan kepada ayahku!" Begitulah kira-kira ancaman yang sering terdengar di dunia anak.

Tapi, apa jadinya jika orang dewasa, terlebih mengatasnamakan negara mengancam orang lain? Agaknya ini tidak masuk akal. Dan, parahnya, ini benar-benar terjadi.

Seperti terlansir di laman Chris Smith, 16 Mei 2020, Pemerintah Cina melalui organ propaganda-nya, The Global Times, mengancam anggota Kongres Chris Smith dari New Jersey dan beberapa anggota parlemen dan pejabat Amerika yang berusaha memberdayakan korban pandemi COVID-19 secara hukum untuk mengajukan tuntutan hukum di pengadilan AS terhadap pemerintah Cina.

Dikutip dari media itu The Global Times menulis pada 14 Mei, “Cina (RRC) sangat tidak puas dengan penyalahgunaan litigasi oleh AS terhadap Cina atas epidemi COVID-19, dan sedang mempertimbangkan tindakan balasan hukuman terhadap individu, entitas, dan pejabat negara AS. Cina tidak hanya menyerang balik secara simbolis tetapi akan memberlakukan tindakan balasan yang akan membuat mereka merasakan sakit, kata para analis. "

Artikel itu melanjutkan, “Smith juga telah sering menjadi penghasut pada topik-topik yang berhubungan dengan Cina, khususnya pada apa yang disebut isu-isu hak asasi manusia. Pada bulan Maret 2019, Smith memperkenalkan undang-undang untuk mengatasi pengaruh politik Cina di AS dengan mengatakan 'operasi pengaruh Beijing canggih dan mengancam.' "

Mengutip laman itu, Smith berkata, “ Sanksi tidak akan membungkam saya atau siapa pun yang menuntut pertanggungjawaban tulus atas pandemi yang mengerikan ini. Di Negara Bagian New Jersey saya sendiri, lebih dari sepuluh ribu orang telah meninggal karena COVID-19. Beijing tidak dapat terus menyembunyikan, berbohong, dan sekarang mengancam untuk menghentikan kita dari menuntut kebenaran. ”

Dikabarkan bahwa Smith adalah penulis utama   "Kompensasi untuk Para Korban Kekeliruan Negara atas Undang-Undang Organisasi Kesehatan Dunia Tahun 2020"  Sebuah RUU yang ia perkenalkan pada tanggal 17 April yang digabungkan oleh Rep. Ron Wright (R-TX) untuk mengesampingkan Undang-Undang Kekebalan Asing untuk secara hukum memberdayakan Warga negara AS menuntut Pemerintah Cina atas kerusakan moneter, “karena cedera atau kematian pribadi, atau kerusakan atau kehilangan harta benda, yang terjadi di Amerika Serikat sebagai akibat dari misrepresentasi informasi yang disengaja atau kelalaian yang disengaja kepada Organisasi Kesehatan Dunia.”

Selain itu, pada hari Jumat (15 Mei) Smith, bergabung dengan Rep. Henry Cuellar (D-TX), memperkenalkan HR 6915 untuk membentuk komisi kebenaran yang ditugaskan untuk menyusun catatan faktual tentang asal-usul dan tanggapan terhadap COVID-19 oleh Cina dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan membuat rekomendasi untuk perbaikan di masa depan. 
 
Masih dari sumber yang sama, Undang-undang Komisi Kebenaran Smith-Cuellar menyatakan bahwa “Dengan dimulainya COVID-19, Pemerintah Republik Rakyat Cina memberikan informasi yang tidak akurat kepada WHO dan Direktur Jenderal Ghebreyesus, yang mengakibatkan penyebaran disinformasi secara global tentang pandemi tersebut."

Selain undang-undang gugatan dan komisi kebenaran, Smith adalah penulis utama berbagai tagihan, amandemen, dan undang-undang untuk memerangi penyalahgunaan pemerintah Cina termasuk yang terbaru:

1) Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong

2) Melawan Undang-Undang Operasi Pengaruh Politik Pemerintah Tiongkok dan Partai Komunis

3) Memerangi UU Fentanyl Gelap tahun 2019

4) Undang-Undang Kebijakan Hak Asasi Manusia Uyghur

Smith telah memimpin lebih dari 60 audiensi kongres tentang pelanggaran hak asasi manusia Cina, mulai dari "soft power" Cina menggunakan Institusi Konfusius, hingga NYU dan institusi pendidikan tinggi lainnya diberi tawaran yang tak terbayangkan, penggunaan aborsi paksa yang meluas, sterilisasi yang dipaksakan, penyiksaan, penganiayaan agama, kerja paksa laogai, dan pengambilan organ.

The 20-term Republican mengatakan dia telah melakukan perjalanan ke Cina beberapa kali dan setelah satu kunjungan hak asasi manusia ke Beijing diblokir selama tujuh tahun dari mendapatkan visa.

Smith memimpin sidang pada tahun 2006 dengan para eksekutif top dari Google, Microsoft, Cisco dan Yahoo menuntut bahwa ini dan perusahaan-perusahaan top AS lainnya mengakhiri apa yang disebutnya "keterlibatan mereka dengan represi polisi rahasia Cina dan penyensoran internet Beijing di mana-mana."

Dua tahun setelah pembantaian Lapangan Tiananmen (1989), pada bulan Maret 1991, Smith dan mantan anggota Kongres Frank Wolf memimpin misi hak asasi manusia ke Cina dan mengunjungi Penjara No 1 Beijing di mana lebih dari 40 pemrotes demokrasi membuat sepatu dan kaus kaki untuk diekspor ke AS. Keduanya anggota kongres mendapat Bea Cukai AS untuk melakukan larangan impor pada semua produk dari penjara.

Dalam perjalanan lain ke Cina pada Januari 1994, Smith mengunjungi bersama Uskup Su Zhimin, Uskup Katolik Roma Keuskupan Baoding di Provinsi Hebei yang menghabiskan beberapa dekade di penjara karena keyakinannya. Setelah merayakan Misa bersama Smith dan delegasinya, Uskup Su ditangkap dan ditahan selama sembilan hari.

Smith mengatakan bahwa “mengenai hak asasi manusia, demokrasi dan supremasi hukum, Presiden Xi sedang berlomba dengan Korea Utara. Di bawah kebijakan sinicization-nya, semua agama harus ditaklukkan dengan ideologi komunis."

Pada bulan Desember 2018, Smith menulis sebuah op-ed yang diterbitkan oleh Washington Post:   Dunia harus menentang perang Cina melawan agama .

“Saya mensponsori komite (dan puluhan) amandemen pertama yang dimulai pada tahun 1983 untuk mendanai Dana Kependudukan PBB (UNFPA) karena keterlibatannya dalam kebijakan satu anak per pasangan koersif Cina ,” katanya.

Smith mengatakan bahwa selama lebih dari 30 tahun, dia telah "mendorong kembali pada gagasan fantasi bahwa perdagangan dengan Cina--pada kenyataannya, saluran keluar manufaktur Amerika dan pemindahan grosir kekayaan intelektual--entah bagaimana akan memperbaiki perilaku Cina ."

0 comments: