Sunday, May 17, 2020

Angkatan Laut Cina sedang Membangun Serangkaian Pangkalan di Luar Negeri, Siapa yang Mereka Lawan?



Sumber Forbes


Masih ingatkah dengan kehebatan Dinasti Tang? Lalu perlahan melemah. Hilang dan digantikan Dinasti Song yang hanya "seumur jagung". Orang-orang Mongolia berhasil memukul orang Han, lalu mendirikan Dinasti Yuan. Selama dinasti ini berjaya, orang-orang Mongolia terus merangsek pertahanan bangsa-bangsa lain mundur. Bahkan, Baghdad dengan segala peradabannya luluh lantak dihancurkan mereka. Dan, tibalah saatnya kelompok petani yang dipimpin Zhu Yuan Zang merebutnya yang kemudian mendirikan Dinasti Ming yang lekat dengan nilai-nilai Islam. Bahkan, banyak yang menyebut Ming adalah dinasti Islam di daratan China. Kebanyakan dari mereka memang orang-orang Hui yang muslim.

Ming pun melemah dan kalah oleh orang-orang Manchuria. Di tangan Bangsa Manchu berdiri Dinasti Qing hingga akhirnya juga runtuh. Dan, oleh orang-orang Jepang didirikan Negara Manchukuo untuk orang-orang Manchuria yang tersisa.

Jauh sebelum Tang hadir, sebenarnya sudah silih berganti kekuasaan di China daratan. Pertumpahan darah dan adu taktik perang sudah lazim di sana. Begitu pun saat Republik China atau Taiwan terpaksa harus merima dirampasnya China daratan oleh Partai Komunis Cina. Alhasil, Taiwan menempati sebagian wilayahnya yang masih ada, yakni Pulau Formosa dan sebagian wilayah disekitarnya.

Apa yang dapat kita tangkap dari pergantian kekuasaan di atas? Bahwa hal itu tidaklah abadi. Kekuasaan akan melemah dan apa pun akan berubah semisal yang muda menjadi tua, yang cantik menjadi keriput, dan lain sebagainya.

Partai Komunis Cina yang memiliki Republik Rakyat Cina (baca: Cina) hingga kini masih eksis dan kian menunjukkan taringnya. Lantas, apakah kekuasaan mereka akan abadi? Jawabannya tentu tidak. Suatu waktu pasti akan sirna di telan zaman.

Meski demikian, tak salah juga kiranya jika kita bersama-sama melihat betapa besarnya kekuatan Cina untuk selalu waspada akan serangan mereka.

Sudah menjadi rahasia umum bahaa di daratan Cina mereka memiliki armada tempur, baik darat, laut, maupun udara yang mumpuni. Termasuk juga senjata nuklir yang dimiliki mereka.

Belakangan, seperti terlansir Forbes (15 Mei 2020) Angkatan Laut Cina sedang membangun serangkaian pangkalan di luar negeri. Sejauh ini lapangan terbesar dan terjauh adalah di Djibouti di Tanduk Afrika. Pangkalan yang berlokasi strategis ini tampaknya siap menerima kapal perang besar , bahkan mungkin kapal induk. Salah satu aspek dari pangkalan ini sangat menarik: Ini adalah benteng modern yang dibangun dari awal.

Dan bukan hanya estetika kastil, pangkalan ini benar-benar dirancang untuk sangat dapat dipertahankan dalam skala yang jarang terlihat, bahkan di zona perang. Konstruksi dinding dimulai pada awal 2016, dan secara substansial selesai pada musim semi 2017. Pangkalan telah dibangun sejak itu.

Mengutip laporan itu, mendekati melalui jalan darat, pertama-tama Anda harus mematikan jalan perimeter dan melewati gerbang luar otomatis yang substansial. Berbalik 90 derajat, selalu bagus untuk memperlambat kendaraan, Anda kemudian melewati dua pos pemeriksaan kendaraan dan sebuah chicane. Akhirnya gerbang utama sudah di depan mata. Tampaknya memiliki penghalang terakhir kendaraan pop-up dan pintu beton besar.

Di bagian atas. Rintangan Hesco adalah bingkai kawat yang diisi dengan karung pasir raksasa. Mereka umumnya digunakan oleh pasukan Barat di Afghanistan dan Irak sebagai tembok utama pangkalan yang dibentengi. Di sini mereka diturunkan hanya menjadi dinding luar.

Di dalam dinding Hesco adalah dinding utama yang terbuat dari beton. Ini memiliki crenelations, yang berarti benteng gaya naik-turun yang akrab dari kastil abad pertengahan. Ada juga loop pistol, yang merupakan lubang untuk menembakkan senjata. Dan ada menara tinggi di sudut-sudut.

Tidak setiap sisi pangkalan dipertahankan secara sama, tetapi ada pertahanan substansial di semua sisi. Bahkan mendekati dari sisi air pangkalan akan membutuhkan negosiasi serangkaian pagar keamanan dan posisi penjaga. Di dalam pangkalan itu sendiri ada beberapa posisi defensif.

Masih dari sumber yang sama, serangan di pangkalan akan ditanggapi oleh marinir yang ditempatkan di sana. Kendaraan lapis baja yang terlihat di pangkalan termasuk kendaraan tempur infanteri ZBD-09 dan senjata serbu ZTL-11. Ini dipersenjatai dengan berbagai meriam otomatis, rudal anti-tank dan senjata kaliber besar.

Pangkalan militer negara lain di Djibouti, seperti Pangkalan Ekspedisi Angkatan Laut AS di Camp Lemonnier, juga memiliki pertahanan fisik, tetapi tidak ada yang sebanding dengan pangkalan Cina ini.

Jadi siapa yang mereka lawan? Gaya pertahanan ini dapat diabaikan terhadap musuh tingkat lanjut. Jadi tampaknya fokusnya adalah pada pemberontak dan ancaman teknologi rendah setempat.

0 comments: