Tuesday, May 12, 2020

Cina Menangguhkan Impor 4 Pemasok Daging Sapi Australia, Apakah Terkait Penyelidikan Asal COVID-19?




Jika itu benar, mungkin kalimat yang pertama muncul setelah membaca judul di atas adalah, "Apa-apaan ini?"

Kemudian, "Mengapa Cina berbuat seperti itu kepada Australia hanya karena negeri kangguru tersebut hendak menyelidiki asal-usul COVID-19 secara independen?"

Pertanyaan-pertanyaan awal di atas agaknya telah mewakili keprihatinan atas sikap Cina yang sangat menutupi asal-usul virus Corona jenis baru atau Pneumonia Wuhan yang disebut pula COVID-19.

Realitas di lapangan, Cina memang sangat menutupinya. Padahal apa salahnya dunia internasional mengadakan penyelidikan tersebut di Cina? Jika memang Cina tidak melakukan kesalahan dalam penyebaran COVID-19 yang diduga dari Laboratorium Wuhan, maka sama sekali tak ada satu alasan pun untuk menutupinya, kan?

Tapi sekali lagi, benarkah penangguhan impor di atas terkait penyelidikan itu?

Faktanya, seperti terlansir AFP, 12/5/2020, Cina menangguhkan impor dari 4 pemasok daging sapi utama Australia hanya beberapa minggu setelah duta besar Beijing memperingatkan pemboikotan pembalasan atas upaya Canberra untuk menyelidiki asal-usul COVID-19.

Para analis mengatakan langkah itu meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan pertikaian antara Australia dan mitra dagang terpentingnya yang dapat meluas ke sektor-sektor penting lainnya ketika negara itu berjuang untuk menavigasi krisis ekonomi yang disebabkan oleh virus Corona jenis baru asal Wuhan.

Meski demikian, Menteri Perdagangan Federal Australia, Simon Birmingham, mengatakan pengiriman daging dari empat penjagalan telah ditangguhkan karena pelanggaran "teknis kecil" terkait dengan kesehatan Cina dan persyaratan pelabelan sertifikat.

"Kami khawatir bahwa penangguhan tersebut tampaknya didasarkan pada masalah yang sangat teknis, yang dalam beberapa kasus mundur lebih dari setahun," tambahnya.

Ia melanjutkan, "Kami akan bekerja dengan industri dan otoritas di Australia dan Cina untuk mencari solusi yang memungkinkan bisnis ini untuk melanjutkan operasi normal mereka sesegera mungkin."

Masih dari sumber yang sama, keempat RPH merupakan sekitar 35 persen dari ekspor daging sapi Australia ke Cina dalam nilai perdagangan sekitar Aus $ 1,7 miliar (US $ 1,1 miliar), menurut penyiar nasional ABC.

Beijing juga telah menandai tarif besar pada jelai Australia atas tuduhan mereka membuang gandum di Cina. Australian Financial Review mengutip dokumen rahasia yang mengatakan bahwa Beijing sedang mempertimbangkan bea masuk 73,6 persen.

Terlepas terkait tidaknya penangguhan itu dengan penyelidikan virus, ketegangan antara Cina dan Australia meningkat sejak Australia mulai menyerukan penyelidikan independen terhadap asal mula wabah koronavirus, yang dimulai di Cina sebelum menyebar ke seluruh dunia, menewaskan lebih dari 280.000, menginfeksi jutaan orang, dan menghancurkan ekonomi global.

Seruan itu telah mengundang ancaman dari Beijing, dengan duta besar Cheng Jingye menyebut Australia "berbahaya".

Mengutip media itu, dalam sebuah wawancara dengan Australian Financial Review bulan lalu, Cheng bermain sebagai korban dengan mengatakan, "Publik Cina frustrasi, kecewa dan kecewa dengan apa yang sedang dilakukan Australia sekarang. Jika suasana berubah dari buruk menjadi lebih buruk, orang (Cina) akan berpikir 'mengapa kita harus pergi ke negara (Australia) yang tidak begitu bersahabat dengan Cina?' Para wisatawan mungkin memiliki pemikiran kedua."

Dia menambahkan, "Terserah orang untuk memutuskan. Mungkin orang-orang biasa akan mengatakan 'Mengapa kita harus minum anggur Australia? Makan daging sapi Australia?'"

Cheng juga mengancam aliran mahasiswa Cina ke universitas-universitas Australia, sumber pendapatan utama yang sudah terancam oleh pembatasan perjalanan pandemi.

Gesekan perdagangan terakhir menghantam kepercayaan investor di Australia dengan patokan ASX200 turun 1,1 persen, atau 58,2 poin, menjadi 5403,0 pada penutupan, sementara All Ordinaries yang lebih luas turun 1,11 persen, atau 61,80 poin, menjadi 5.497,30.

Saham Perusahaan Pertanian Australia, salah satu eksportir daging sapi terbesar di negara itu, turun 3,7 persen.

Lalu, pertanyaan penutup, masih beranikah Australia melakukan penyelidikan tersebut?

0 comments: