Sunday, May 17, 2020

Ini Hebat! Koalisi 116 Negara Dukung Desakan Australia untuk Penyelidikan Independen terhadap COVID-19


Sumber SBS News


Penyelidikan COVID-19 secara independen memang harus dilakukan agar diketahui seluk-beluk virus asal Cina tersebut.

Seperti terlansir SBS News, Senin (18/5/2020) sebanyak 54 negara Afrika telah bergabung dengan desakan Australia untuk penyelidikan virus corona jenis baru, sehingga jumlah total negara menjadi 116.

Dikatakan 54 negara anggota Grup Afrika akan mensponsori gerakan ini, bergabung dengan 62 negara lain termasuk Rusia, Indonesia, India, Jepang, Inggris, dan Kanada.

Ke-27 anggota Uni Eropa semuanya bergabung, bersama dengan Brasil, Korea Selatan, Meksiko, Turki dan Selandia Baru.

Masih dari media itu dikabarkan Menteri Luar Negeri Marise Payne pada hari Senin mengatakan itu mendorong untuk melihat begitu banyak negara mendukung penyelidikan.

"Saya pikir apa yang diilustrasikannya adalah pandangan luas yang memberikan pengalaman COVID-19--lebih dari 300.000 kematian, jutaan orang di seluruh dunia kehilangan pekerjaan mereka, dampak pada ekonomi dari satu sudut dunia ke sudut lainnya--bahwa ada pandangan yang kuat bahwa pantas untuk melakukan tinjauan tentang apa yang telah terjadi.

"Saya tidak ingin berspekulasi tentang hasilnya, diskusi itu akan berlangsung malam ini. Saya pikir ini merupakan kemenangan bagi masyarakat internasional."

Rancangan resolusi tersebut menyerukan evaluasi yang tidak memihak, independen dan komprehensif dari respons internasional terhadap pandemi.

Dalam laporannya, media itu menuliskan bahwa tidak disebutkan Cina (RRC), tetapi desakan Australia untuk penyelidikan telah membuat marah Beijing, yang telah mengancam tarif besar pada gandum dan memblokir beberapa impor daging sapi.

Menteri Kesehatan Greg Hunt akan mewakili Australia pada pertemuan Majelis Kesehatan Dunia virtual pada Senin malam.

Pemungutan suara diharapkan pada dini hari Selasa.

Menteri Pertanian David Littleproud mengatakan penyelidikan itu tentang menyelidiki apa yang bisa dipelajari dunia dari pandemi yang menghancurkan ini.

"Itu hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan ketika 300.000 jiwa telah kehilangan nyawa mereka di seluruh dunia," katanya kepada ABC, Senin.

Littleproud mengatakan rekannya dari Cina mengindikasikan dia tidak akan membahas masalah perdagangan dalam waktu dekat.

Menteri Perdagangan Simon Birmingham belum menerima telepon balik dari rekannya dari Cina.

Mengutip media di atas, Perdana Menteri Scott Morrison menggambarkan desakan untuk penyelidikan tentang asal-usul coronavirus sebagai hal yang tidak biasa.

Tetapi Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengecam pembuat undang-undang asing karena mempolitisir pandemi.

Pria Beijing di Canberra itu mengangkat prospek boikot konsumen terhadap produk-produk Australia karena desakan untuk penyelidikan.

Sejak itu, ancaman gandum telah muncul, sementara empat penjagalan besar Australia telah diblokir dari mengirimkan produk mereka ke Cina.

Orang-orang di Australia harus tinggal setidaknya 1,5 meter dari yang lain. Periksa batasan negara Anda tentang batas pengumpulan.

0 comments: