Wednesday, May 6, 2020

Alhamdulillah Turki Kirimkan Pasokan Medis ke Puluhan Negara untuk Tangani COVID-19





Sebuah realitas empiris bahwa sekitar dua pertiga negara di dunia meminta pasokan medis dari Turki untuk memerangi COVID-19, dan hampir setengah dari permintaan tersebut sudah dipenuhi.

"Ada 128 negara yang meminta pasokan medis dari Turki dalam bentuk hibah, izin ekspor, atau pembelian," kata Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu pada Rabu seperti terlansir Anadolu Agency, Rabu (6/5/2020).

Dilaporkan media itu bahwa Menteri Cavusoglu mengungkapkan baru-baru ini dia berdiskusi dengan Menteri Kesehatan, Fahrettin Koca, tentang bagaimana memenuhi permintaan pasokan medis dari Paraguay.

"Banyaknya permintaan pasokan medis dari seluruh dunia membuktikan bahwa Turki adalah teman sejati yang dapat diandalkan," tambah dia.

Mengutip sumber yang sama, merujuk pada sistem kesehatan Turki yang kuat, Cavusoglu mengatakan negaranya akan terus berbagi pengalaman dengan negara lainnya dalam menangani pandemi.

"Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), komunitas internasional, dan negara-negara lain termasuk Amerika Serikat, menunjuk Turki sebagai negara model," kata dia lagi.

Sementara itu, Virus korona asal Wuhan, atau yang secara resmi dikenal sebagai COVID-19, telah menyebar ke setidaknya 187 negara dan wilayah. Sejauh ini, ada 3,6 juta kasus virus mematikan ini yang dikonfirmasi di seluruh dunia dan 257.000 di antaranya meninggal dunia.

0 comments: