Thursday, April 16, 2020

Seorang Sastrawan Besar Telah Wafat Akibat COVID-19


Garda terdepan dalam perang melawan COVID-19 adalah manusia itu sendiri. Bisa seorang pedagang, arsitek, desainer, sastrawan, dokter, dan lain sebagainya. Ya, kita!

Kali ini berita duka datang dari dunia sastra. Setelah dirawat di rumah sakit sejak akhir Februari lalu, sastrawan yang sudah menghasilkan dua puluh novel (termasuk thriller), kronik, cerita pendek, dan dongeng untuk anak-anak yang diterjemahkan di lima puluh negara termasuk buku terlarisnya "Orang Tua yang Membaca Novel-Novel Roman " ini akhirnya menghembuskan napas terakhirnya. Corona Virus Deases 2019 dengan kejam membunuhnya!
Dikabarkan, ia telah menunjukkan gejala penyakit COVID-19 sekembalinya dari festival sastra di Portugal.

Adalah Luis Sepulveda, sastrawan Chili, yang dipaksa mengasingkan diri di bawah kediktatoran Augusto Pinochet, meninggal akibat Covid-19 di Spanyol dalam usia 70 tahun, kata penerbit (karyanya) pada hari Kamis (16/4/2020), seperti terlansir AFP pada hari yang sama.

"Penulis (sastrawan) Luis Sepulveda meninggal di Oviedo. Tim Tusquets Editores sangat menyesali kehilangannya," tulis kelompok editorial Spanyol dalam sebuah pernyataan.

"Para petugas kesehatan melakukan segalanya untuk menyelamatkan hidupnya, tetapi mereka tidak kuasa mengatasi penyakit itu. Belasungkawa terdalam saya kepada istri dan keluarganya," tegas Presiden wilayah Asturias, Adrian Barbon, meyakinkan di Twitter.

Mengutip dari sumber yang sama, dilahirkan pada Oktober 1949 di Ovalle, Chili, dirinya telah melakukan militasi pada usia sangat muda sehingga membuatnya ditangkap pada tahun 1973 oleh rezim Jenderal Augusto Pinochet.

Dipenjara selama dua setengah tahun, ia ditempatkan di bawah tahanan rumah berkat perantaraan Amnesty International dan berhasil melarikan diri. Hampir setahun bersembunyi, ia dijatuhi hukuman 28 tahun penjara, hukumannya diringankan ke pengasingan berkat Amnesty lagi. Pada 1977 dirinya meninggalkan Chili dan setelahnya ia tidak pernah kembali untuk menetap di sana.
Dalam proses menuju pengasingan di Swedia, ia melarikan diri saat singgah di Argentina untuk memulai perjalanan beberapa tahun di Amerika Selatan dan ia menemukan rombongan teater di Ekuador, Peru, Kolombia, dan melakukan dalam perjuangan bersenjata bersama Sandinista di Nikaragua.

Salah satu novelnya diadaptasi untuk film pada tahun 2001 oleh Rolf de Heer ("Orang Tua yang Membaca Kisah Cinta"), dengan Richard Dreyfuss sebagai peran utama.

"Saya menulis karena saya percaya pada kekuatan militan kata-kata," katanya yang menunggu hingga 2017 untuk mendapatkan kembali kewarganegaraan Chili-nya yang telah dirampas oleh Pinochet.

Ia juga menemukan istri pertamanya, penyair Carmen Yañez, disiksa di bawah kediktatoran Chili.

Luis Sepúlveda, yang juga memiliki aktivitas marjinal, sebagai penulis skenario dan sutradara, juga menulis, di antara publikasi lainnya, "Keponakan Amerika" (Patagonia Express, 1996), "The roses of Atacama" (Historias Marginalales, 2001) atau" Akhir sejarah "(El Fin De La Historia, 2016).
Keberhasilan besar lainnya adalah "Kisah Burung Camar dan Kucing yang Mengajarinya Terbang" ("Historia de una gaviota y del gato que le Enso volar, 1996).

0 comments: