Tuesday, April 28, 2020

Kotak Aerosol yang Dibuat dan Dibagikan secara Online oleh Dokter Taiwan Menarik Minat di Seluruh Dunia




Sumber The Japan Times


Ini adalah solusi kreatif untuk perlindungan bagi para penyedia layanan kesehatan yang berisiko tinggi tertular COVID-19 dari pasien yang ditangani.

Bahkan, kotak aerosol tersebut menjadi alternatif cerdas di tengah kekurangan global alat pelindung diri.

Diberitakan oleh The Japan Times (28/4/2020) kotak aerosol yang dibuat dan dibagikan secara online oleh Lai Hsien-yung, ahli anestesi dari Taiwan, adalah kotak transparan yang melindungi wajah penyedia layanan kesehatan (dokter) dari partikel aerosol yang terkontaminasi oleh virus saat mengintubasi pasien yang terinfeksi COVID-19.

"Saya merasa dilindungi," kata Takahiro Kusume, 32, seorang dokter di garis depan tim anti-coronavirus baru (COVID-19) di sebuah rumah sakit universitas di Tokyo.

Dalam laporannya, bulan ini ia meminta saudara lelakinya, yang memiliki studio desain di Kobe, untuk membuat produk berdasarkan desain yang dibagikan secara online oleh Lai.

"Saya merasa aman bahkan ketika wajah saya harus mendekati seorang pasien selama pekerjaan saya," kata seorang dokter pria berusia 50-an di sebuah fasilitas medis di Osaka yang sedang mengembangkan langkah-langkah untuk mencegah infeksi di antara staf dan pasien di lembaga tersebut. "Kami membeli dua dari mereka untuk mempersiapkan peningkatan jumlah pasien."

Mengutip sumber yang sama, secara rinci kotak aerosol adalah struktur berbentuk kotak transparan yang dapat dibuat dengan murah menggunakan lembaran polikarbonat akrilik atau transparan, menurut situs web, yang memberikan spesifikasi desain.

Ini menutupi kepala pasien yang berbaring di tempat tidur, dengan penyedia layanan kesehatan menempelkan lengannya di dua lubang di satu sisi kotak.

Kotak secara efektif melindungi wajah penyedia layanan kesehatan dari jalan napas pasien, sambil memungkinkan staf medis untuk menggerakkan lengannya dengan bebas untuk melakukan semua tugas yang diperlukan selama intubasi endotrakeal.  Kotak dapat dibersihkan secara menyeluruh dengan solusi dari 70 persen alkohol atau pemutih digunakan kembali untuk pasien berikutnya.

Sementara itu, secara khusus Lai, 52, yang bekerja di Rumah Sakit Kristen Mennonite di Hualien, Taiwan timur, mengatakan ia terinspirasi oleh inkubator bayi.

Karena rumah sakit, kewalahan oleh meningkatnya jumlah pasien virus korona, kehabisan masker N95 dan peralatan pelindung lainnya, Lai tidak mengajukan aplikasi paten, lebih memilih untuk membuatnya online pada akhir Maret untuk menyebarkannya dengan cepat di seluruh dunia.

"Saya membuat kotak ini untuk melindungi para dokter yang berjuang di garis depan," jelas Lai. Dia mengatakan dia berharap "orang (seluruh) di dunia dapat membangun dan memodifikasi (mereka) sendiri."

Berdasarkan laporan media di atas, tim medis dari negara-negara yang terpukul oleh virus, termasuk Amerika Serikat dan Spanyol, telah menguji dan melaporkan pengalaman mereka dengan alat sederhana ketika mereka beradaptasi di lapangan.

Satu adaptasi adalah kotak aerosol yang dapat dilipat dan dikirim dengan mudah untuk dipasang kembali di tujuannya dalam satu menit.

Sebuah perusahaan akrilik Jepang di Osaka bernama Act mulai menerima pesanan untuk Aerosol Box pada pertengahan Maret dan memproduksi sekitar 40 hari.

Perusahaan mengatakan butuh sekitar 30 menit untuk menghasilkan satu, dengan harga grosir kurang dari ¥ 10.000.

Ini sungguh nudah dan murah, tapi sangat kreatif dan bermanfaat untuk melindungi staf medis dari risiko tertular COVID-19 dari pasien yang ditangani.


0 comments: