Monday, April 27, 2020

Korea Selatan: Kim Jong Un Mungkin Berusaha Menghindari COVID-19. Logiskah?




Beragam spekulasi hadir di tengah ketidakmunculan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un (KJU).

Salah satunya seperti terlansir Reuters, Selasa (28/4/2020) Kim Jong Un mungkin telah melewatkan hari penting pada 15 April karena kekhawatiran terhadap virus corona, bukan karena dia sakit, kata menteri Korea Selatan untuk urusan Korea Utara pada hari Selasa (28/4/2020).

Khusus mengenai spekulasi ini mungkin pula terasa janggal. Mengapa?

Karena, ketidakhadiran pemimpin Korea Utara Kim dari upacara publik pada hari ulang tahun kelahiran kakeknya dan pendiri negara itu, Kim Il Sung, belum pernah terjadi sebelumnya. Ini bisa dimengerti. Hari itu adalah hari penting di Korea Utara. Agaknya, mustahil jika alasannya hanya menghindari virus, dirinya tidak menghadirinya.

Lantas, logiskah spekulasi Korea Selatan di atas?

Terkait hal itu, para pejabat Korea Selatan menekankan mereka tidak menemukan gerakan yang tidak biasa di Korea Utara dan telah memperingatkan terhadap laporan bahwa Kim mungkin sakit.

“Memang benar bahwa dia (KJU) tidak pernah melewatkan peringatan untuk ulang tahun Kim Il Sung sejak dia berkuasa, tetapi banyak acara peringatan termasuk perayaan dan perjamuan dibatalkan karena masalah coronavirus,” kata Kim Yeon-chul pada sidang parlemen.

Dirinya juga mengatakan setidaknya ada dua contoh sejak pertengahan Januari di mana Kim Jong Un tidak terlihat selama hampir 20 hari. "Saya tidak berpikir itu sangat tidak biasa mengingat situasi (coronavirus) saat ini."

Lalu, bagaimana menurut Anda?


0 comments: