Thursday, April 16, 2020

Detektif COVID-19 Australia, Para Pahlawan yang Sigap! Siapa Mereka?


Sumber news.com.au

Percayakah Anda di tengah pandemi global seperti saat ini, negara-negara di seluruh dunia telah mengembangkan tim khusus untuk melacak pergerakan orang yang terinfeksi COVID-19?

Percaya atau tidak, yang jelas faktanya memanglah demikian. Mereka adalah tim yang bekerja di belakang layar untuk menetralisir penyebar virus asal Wuhan itu.

Para detektif ini melacak kontak antara orang-orang yang positif COVID-19 dan masyarakat sekitar mereka. Ya, mereka benar-benar detektif penyakit dengan tugas monumental. Disebut pula dengan tim pelacak kontak.

Mengutip news.com.au, Jumat (17/4/2020) peran mereka di garis depan telah menjadi vital dalam memperlambat pandemi coronavirus yang bergerak cepat.

Selama beberapa minggu terakhir, tim yang biasanya terdiri atas 30 pelacak kontak telah diperluas menjadi 1.000 orang.

"Ini adalah sesuatu yang tim kami lakukan di seluruh negeri setiap hari dalam seminggu," kata Wakil Kepala Kesehatan Victoria, Dr Annaliese van Diemen kepada 7.30.

"Ini seperti pekerjaan detektif," katanya kepada program itu, menjelaskan bagaimana timnya yang sangat terampil menemukan di mana orang yang terinfeksi berada dan dengan siapa mereka berpapasan.

“Langkah pertama adalah wawancara, dan kemudian mereka kembali lagi, 14 hari, ke saat pasien mungkin terserang penyakit ini,” jelas Dr. van Diemen, mencatat bahwa tidak semua kasus yang terinfeksi adalah sama.

"Beberapa orang, untuk alasan yang tidak diketahui oleh kami, tampaknya jauh lebih menular daripada yang lain," tambahnya. “Ini adalah sesuatu yang membuat kita tetap terjaga di malam hari. Dan sudah berbulan-bulan sekarang."

Dr van Diemen menyamakan pandemi dengan perang. Dan ia mengatakan, "Apa yang kami lihat adalah mekanisme digital untuk mempertahankan sistem pelacakan kontak yang benar-benar lengkap, sehingga kami dapat menghubungkan titik-titik itu."

Berbasis di Melbourne, para detektif Australia ini tidak sering disorot untuk pekerjaan yang mereka lakukan.

"Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang kami lakukan, karena kami bekerja di belakang layar," kata Nectaria Tzimourtas, yang memimpin tim pelacak kontak di Victoria ini.

"Kami benar-benar menghentikan ratusan dan ribuan kasus berbagai penyakit dalam setahun. Hari normal adalah 12--17 jam sehari saat ini," imbuhnya.

Untuk anggota tim lainnya, seperti ahli epidemiologi Dr Charles Alpren, mengatakan kepada 7.30, “Segalanya menjadi sangat sibuk dan sangat luar biasa. Analisis yang kami lakukan adalah dengan sungguh-sungguh menginformasikan keputusan yang memiliki efek besar pada kehidupan orang, dan kami sangat sadar akan hal itu."

Masih dari media itu, dengan jumlah kasus yang dikonfirmasi tentang penurunan tersebut, Perdana Menteri Scott Morrison tidak menyerah pada tekanan untuk mengurangi pembatasan.

Dalam konferensi pers nasional kemarin, PM mengatakan dia hanya akan meninjau pembatasan dalam waktu empat minggu, sambil memuji pekerjaan pelacak kontak untuk melakukan "mengangkat beban nyata".

"Mereka adalah tim Sherlock Holmes ... mereka melakukan pekerjaan yang fantastis untuk menyelesaikan kasus-kasus ini," lanjutnya.

Sementara itu, peneliti dari Universitas Johns Hopkins memperkirakan bahwa AS saja akan membutuhkan 100.000 tentara pelacak kontak, baik yang dibayar atau sukarela, untuk mengendalikan penyebaran negara itu.

0 comments: