Tuesday, April 14, 2020

Dari Jakarta, Washington, dan New York, 633 Warga Saudi Tiba di Jeddah

Sumber Arab News

Arab Saudi memulangkan warganya. Dengan upaya yang maksimal, pihak Kerajaan memastikan pengembalian warga Saudi dengan aman setelah terdampar di luar negeri.

Seperti terlansir Arab News, lebih dari 600 warga Saudi pada hari Selasa (14/4/2020) tiba di Jeddah, yakni dari Jakarta (258), Washington (220), dan 155 tiba di Riyadh dari New York dengan penerbangan khusus yang diatur oleh Kerajaan.

Dikatakan dalam media itu, mereka diterima oleh pejabat dari Kementerian Urusan Luar Negeri, Pariwisata, Kesehatan, dan Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi di bandara-bandara di Jeddah dan Riyadh.

Semua warga tersebut harus menjalani 12 pemeriksaan pencegahan dalam tiga tahap  sebelum naik pesawat, di dalam kabin, dan akhirnya pada saat kedatangan.

Mengutip sumber di atas, Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengalokasikan pos pemeriksaan sebagai tempat penumpang melewati kamera termal pada saat kedatangan.

Penumpang juga diharuskan membersihkan tangan mereka sebelum memulai prosedur di paspor dan area pengawasan pabean. Jarak 1,5 meter harus dijaga antara penumpang dan petugas paspor

Kemudian mereka diantar ke wisma yang ditunjuk. Kementerian Pariwisata Saudi telah mengalokasikan lebih dari 11.000 kamar sejauh ini di seluruh kerajaan untuk mengakomodasi jumlah repatriasi selama periode isolasi 14 hari, yang diawasi oleh departemen kesehatan negara itu.

Begitu pula dengan bus yang mengangkut penumpang yang tiba telah disediakan oleh departemen pendidikan dan dilengkapi dengan langkah-langkah dan layanan keselamatan.

Sementara permintaan untuk kembali ke rumah dapat diajukan melalui platform khusus di situs http://www.mofa.gov.sa/es yang merupkan laman resmi Kementerian Luar Negeri Saudi.

0 comments: