Monday, April 27, 2020

Benarkah Kim Jong Un yang Membuat Sendiri Komentar di Tengah Rumor tentang Kesehatannya?


Kim Jong Un - Pixabay


Belakangan ini topik seputar Kim Jong Un (KJU) bersaing ketat dengan asal virus Corona baru (COVID-19) yang diduga kuat dari Laboratorium Wuhan. Saking ramainya orang membicarakan KJU, isu asal virus itu pun sedikit memudar.

Bahkan, ada yang berpendapat bahwa KJU sebenarnya tidak sakit. Ia sengaja dikondisikan seolah-olah sakit parah untuk mengalihkan perhatian dunia dari isu besar: Laboratorium Wuhan sebagai asal penyebaran COVID-19. Seperti diketahui secara luas, Republik Rakyat China (RRC) sedang berusaha menutupi hal itu dari mata dunia internasional.

Terlepas dari dugaan-dugaan tersebut, sebuah berita baru datang dari news.com.au. Dalam laporannya, dikatakan bahwa beberapa tanda kehidupan telah muncul dari kepresidenan Korea Utara setelah berminggu-minggu spekulasi tentang kesehatan pemimpin negara itu bergerak liar.

Spekulasi itu sendiri berawal sejak adanya laporan Korea Selatan awal bulan ini bahwa KJU harus menjalani operasi jantung. Lalu rumor menguat setelah ketidakhadirannya yang mencolok dari beberapa peristiwa penting di Korea Utara.

Menanggapi ramainya spekulasi di banyak kalangan, media pemerintah Korea Utara menyampaikan "komentar" dari pemimpin Korea Utara tersebut pada hari Minggu.

Seperti terlansir kantor berita Korea Selatan, Yonhap yang dikutip news.com.au, bahwa dalam komentarnya itu, KJU menyatakan penghargaannya kepada para pekerja yang telah membangun rumah di kota Samjiyon utara.

Akan tetapi, sayangnya Yonhap juga mencatat laporan Korea Utara itu tidak mengungkapkan lokasi KJU atau memasukkan gambar apa pun.

Hingga saat ini memang tidak ada informasi yang diverifikasi dari Korea Utara perihal kejelasan KJU.

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah benar KJU sendiri yang membuat komentar tersebut?

0 comments: