Tuesday, March 24, 2020

Muhammadiyah Telah Membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center dan Bersiap Dirikan RS Darurat Covid-19

Ilustrasi - Pixabay

Idealnya, memang bukan hanya pemerintah yang menangani COVID-19, tetapi juga semua elemen masyarakat termasuk ormas yang ada. Khusus di Indonesia, salah satunya adalah Muhammadiyah yang berdiri sebelum negeri ini merdeka.

Seperti terlansir MUHAMMADIYAH.ID, Selasa (24/3/2020), Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) telah bersama-sama membentuk Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC).

Masih dari sumber yang sama, Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Mohamad Agus Samsudin, menjelaskan bahwa MCCC dalam hal ini bertugas mengkoordinasikan seluruh aktivitas Muhammadiyah dalam membantu Pemerintah melawan virus corona.

“Oleh karena itu yang sangat kritikal di awal ini bagaimana kita bersama-sama menanggulangi kurva penularan Covid-19 ini dengan secepat-cepatnya,” tegas Agus.

Baca Juga: Saat Wabah COVID-19 Merajalela, Peretas Elit Malah Targetkan WHO sebagai Sasaran....

Baca Juga: Turut Prihatin, Infeksi COVID-19 dalam Kasus Baru di China Berlipat Ganda....

Mengutip media itu, di dalam konteks penanggulangan COVID-19, RS Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah telah menyiapkan 20 RS untuk standby.

“Dan kalau diperlukan lagi kita (InsyaAllah) masih bisa menambah 20 hingga 30 RS lagi,” jelas Agus.

Sementara itu MCCC juga sudah membuat panduan-panduan khusus yang berkaitan dengan perilaku, ibadah, kehidupan sehari-hari, bahwa masyarakat harus hidup bersih dan sehat dan bagaimana caranya memutus penyebaran virus corona.

Lalu bagaimana langkah kedepan yang akan dilakukan oleh Muhammadiyah?

Mengenai hal itu, Agus juga memaparkan bahwa  jika betul-betul terjadi outbreak dalam penanganan COVID-19, maka kemungkinan pertama Muhammadiyah akan membuat RS darurat khusus Covid-19.

“Kita sedang mempersiapkan bersama-sama antara RSMA juga dengan PTM bagaimana supaya nanti seperti halnya yang dibuat Pemerintah di Wisma Atlet, Muhammadiyah juga akan membuat RS darurat khusus Covid-19,” jelas Agus.

Nah, Ini tentu perlu kerjasama dari semua pihak agar bisa membantu agar program ini bisa terselenggara dengan baik.


0 comments: