Friday, March 27, 2020

Ini Aturan Baru bagi Pedagang Pasar di Turki untuk Membendung Penyebaran COVID-19

Ilustrasi - Pixabay

Ada banyak upaya untuk membendung laju penyebaran COVID-19. Mulai dari pemakaian masker, penggunaan hand sanitizer, sampai yang mematikan, yakni seperti minum metanol oleh sebagian warga di Iran.

Upaya yang terakhir tadi jangan ditiru. Metanol bukanlah jenis alkohol untuk dikonsumsi. Gunanya untuk hal lain semisal untuk kepentingan pewarnaan bangunan. Efeknya sangat fatal jika diminum, yakni kebutaan hingga kematian.

Nah, berbeda dengan di Iran, Turki memiliki upaya yang sangat bagus. Seperti terlansir Anadolu Agency, Jumat (27/3/2020) Kementerian Dalam Negeri Turki pada Jumat menerapkan aturan baru terhadap pasar sebagai bagian dari upaya untuk membendung penyebaran virus korona (Covid-19).

Menurut surat edaran kementerian itu, di pasar yang menawarkan makanan pokok atau bahan pembersih, penjualan barang yang tidak penting tidak akan diizinkan, .

Sayuran dan buah-buahan segar yang dijual tanpa kemasan harus dikemas oleh penjual untuk menghindari kontak antara pelanggan dengan barang-barang tersebut.

Masih dari sumber yang, penjualan barang-barang yang tidak penting seperti pakaian, mainan, ornamen dan tas akan ditangguhkan sementara pada 27 Maret pukul 17:00.

Kementerian juga meminta agar setiap kios diberi jarak setidaknya tiga meter untuk mengurangi kepadatan di pasar.

0 comments: