Friday, March 27, 2020

Bagaimanakah Kehidupan di Hubei, China Daratan, Berlanjut?


Bicara COVID-19 seperti sedang membahas Republik Rakyat China. Betapa tidak? Virus yang saat ini menjadi pandemi global itu pertama kali muncul di negeri tirai bambu tersebut. Ya, tepatnya di Wuhan. Sebuah kota yang terletak di Provinsi Hubei, China daratan.

Selanjutnya, barulah menyebar ke provinsi lainnya di sana hingga tanpa dinginkan terekspor ke dan  sampai di banyak negara. Sebutlah Indonesia salah satunya.
Lalu bagaimanakah kehidupan berlanjut setelah lockdown atau kuncian dibuka di Hubei?

Mengutip Reuters, berikut gambaran kehidupan di sana setelah kuncian dibuka.

Dimulai dari kisah hidup Li Yu. Ia senang menjual enam potong jagung bakar pada hari dirinya membuka kembali kiosnya setelah pembatasan perjalanan dicabut di Jingzhou, tetapi dia khawatir tentang masa depan bisnisnya di dekat tembok kuno kota itu, kata seorang turis objek wisata di Provinsi Hubei.

Li terpaksa menutup kiosnya pada akhir Januari lalu sebagai bagian dari penguncian Hubei untuk mengatasi penyebaran epidemi coronavirus jenis baru (COVID-19. Dirinya yang telah berusia 55 tahun mengatakan bisnis berada dalam kondisi terburuk dalam tujuh tahun sejak ia membuka kiosnya. Liburan Tahun Baru Imlek China pada bulan Februari biasanya merupakan musim yang tinggi bagi Li, tetapi kuncian virus mematikannya.

Dalam waktu normal ia menghasilkan 4.000 yuan ($ 565,70) sebulan. Penjualan enam tongkol jagung akan menghasilkan sekitar 12 yuan (penghasilan harian).

"Paruh pertama tahun ini adalah musim bunga mekar. Banyak orang datang ke sini untuk mengagumi bunga, berfoto. Itu seharusnya menjadi periode puncak bagi kami, tetapi tahun ini coronavirus pasti akan berdampak besar,” kata Li kepada Reuters, Kamis (26/3/2020).
“Lihat saja, ada begitu sedikit orang. Orang-orang dari luar (Hubei) tidak akan bepergian ke sini untuk liburan,” kata Li lagi.

“Sekarang Hubei adalah daerah di China yang paling terpukul, dan tidak ada yang berani datang. Ketika mereka tahu Anda dari Hubei, mereka semua menjauhi Anda. Mereka ketakutan."

Pada suatu hari Reuters berbicara kepada Li, hanya dua dari tujuh kios di sekitar bagian tembok kuno Kota Jingzhou  yang terbuka, pada hari Jumat semua kios ditutup, dengan hanya segelintir orang berjalan-jalan.

Pemerintah Cina baru-baru ini mengumumkan langkah-langkah untuk mencoba dan membuat konsumen membelanjakan dan mengunjungi tempat-tempat wisata lagi, seperti dengan membagikan jutaan yuan dalam bentuk voucher diskon.

Pemerintah Hubei, seperti yang lainnya di seluruh negeri, juga berjanji untuk membantu mengatasi bisnis kecil dengan kebijakan seperti pembebasan pajak pertambahan nilai.

Itu sedikit penghibur bagi Zhou Yanjun. Restorannya, berjarak 10 menit berjalan kaki dari tembok kuno Kota Jingzhou, diharuskan tetap tutup sampai pemberitahuan lebih lanjut, meskipun dia masih terikat untuk membayar sewa.
"Sekarang kita hanya bisa membuat makanan untuk kita makan sendiri," katanya, sambil menyiapkan makan malam untuk keluarganya dari dapur restorannya. "Ini akan menjadi tahun yang sangat, sangat sulit."

Sementara yang lain mendapatkan kenyamanan dalam pembukaan kembali kawasan wisata tembok kuno kota Jingzhou.

Teman-teman Wang Jue dan Xiao Man, keduanya berusia 25 tahun, bertemu di sana pada hari Rabu untuk pertama kalinya sejak penguncian itu diberlakukan dua bulan lalu.

Wang masih menunggu untuk kembali ke pekerjaannya di Wuhan, yang masih terkunci sampai 8 April, sementara Xiao mengatakan ia melamar pekerjaan, meskipun dirinya belum mendengar kabar dalam beberapa pekan terakhir.

Tetap saja, ia optimis, kata Xiao. "Aku harap semuanya bisa segera kembali normal."

0 comments: