Sunday, January 5, 2020

Membayangkan Indonesia Versus RRC dan AS Versus Iran dalam FIFA World Cup 2022


Saya masih teringat beberapa dialog oleh sebagian tokoh dalam film animasi "Upin dan Ipin". Salah satunya terkait pertandingan sepak bola dalam piala dunia FIFA.

Dikatakan dalam dialog itu Malaysia belum pernah masuk dalam kejuaraan internasional empat tahunan tersebut. Setelah mendengar dialog mereka, seketika saya teringat Indonesia.

Ya, negara berjuluk Jamrud Khatulistiwa ini memang memiliki nasib yang sama dengan Malaysia dalam hal keikutsertaannya di World Cup.

Nah, terkait dunia internasional, akhir-akhir ini Indonesia dan Republik Rakyat China (RRC) dihadapkan pada persoalan batas negara. Perairan Natuna menjadi tempat terhangat antara dua negara.

Sementara di lain pihak, Amerika Serikat dan Iran pun mengalami situasi yang sama menegangkan. Hal ini disebabkan oleh serangan rudal Amerika serikat yang menewaskan Komandan Pasukan Quds Korps Garda Revolusi Islam Iran, Mayjen Qassem Soleimani.

Saya sangat prihatin atas peristiwa yang melibatkan antarnegara ini, baik Indonesia dan RRC, maupun Amerika Serikat dan Iran.

Alangkah indahnya jika semua negara dalam situasi damai dalam persahabatan. Saling menghormati dan menghargai. Dan, saya membayangkan Indonesia versus RRC dan AS versus Iran berlangsung seru, tetapi dalam FIFA World Cup 2022 mendatang.

Akankah?


0 comments: