Saturday, January 4, 2020

Benarkah Persoalan Jiwasraya Sudah Tidak Viral di Medsos?


Di media sosial suatu peristiwa bisa menjadi sangat viral. Netizen begitu penuh semangat memviralkannya. Ini sudah sering terjadi.

Situasinya jauh berbeda saat masyarakat Indonesia belum banyak yang mengenal internet. Sebutlah tahun 1990-an akhir dan 2000-an awal. Pada masa itu internet lebih banyak dikenal dan digunakan di dunia kampus dan sekolah. Ketika itu kata "viral" saja malah belum "booming".

Tapi sekarang? Waw! Detik ini Anda berlaku aneh di jalan, kemungkinan besar besok sudah tersebar di mana-mana. Maka, selamat Anda viral!

Demikian pula terkait persoalan yang membelit Jiwasraya. Bahkan, beritanya sampai dipublikasikan oleh media berpengaruh di Korea Selatan. Begitu luar biasa viralnya.

Akan tetapi, tunggu dulu!

Seperti yang sudah-sudah, yang viral bisa saja tenggelam oleh peristiwa lainnya. Nah, lalu bagaimana dengan persoalan Jiwasraya? Masih viralkah? Atau malah sebaliknya?

Agaknya, mengenai hal ini perlu diperhatikan peristiwa-peristiwa setelahnya. Adakah? Jawabnya tentu saja ada. Apa saja?

Ya, ada banjir, pembulian terhadap Anies Baswedan oleh haters, hingga Perairan Natuna.

Dan, tampaknya peristiwa-peristiwa setelahnya itu sedikit banyak menggeser viralnya persoalan Jiwasraya di medsos. Ini memang tidak bisa dihindarkan.

Meski demikian, tentu saja kita berharap hal tersebut tidak menghambat proses penyelesaian atas persoalan yang membelit Jiwasraya.


0 comments: