Thursday, December 5, 2019

Vagabond, Pemerintah yang Membunuh Rakyat


Judulnya tidak menyeramkan, 'kan? Pemerintah membunuh rakyat. Begitulah yang dikisahkan dalam drama Korea Selatan (drakorsel/drakor) berjudul Vagabond.

Drama ini telah selesai tayang pada 23 November 2019 lalu. Dengan didukung akting yang keren dari para pemerannya, seperti Lee Seung Gi dan Bae Suzy, 16 episodenya yang mulai tayang 20 September itu sukses besar.

Ya, skenarionya yang ditulis Jang Young Cheol dan Jung Kyung Soon benar-benar hidup dalam drakor ini.

Mulai dari pembuka yang menarik, penonton dibawa menanjak dengan tragedi kecelakaan sebuah pesawat hingga menewaskan lebih daripada 200 warga sipil.

Pesawat komersial yang nahas itu berangkat dari Korea Selatan menuju Maroko. Keluarga korban pun begitu meluapkan emosi mereka. Dan, seorang di antaranya, yakni paman salah satu korban melihat pria yang terekam dalam kamera keponakannya di pesawat (sebelum berangkat) ternyata masih hidup di Maroko.

Sejak itulah sang paman yang bernama Cha Dal Gun (Lee Seung Gi) yakin bahwa pesawat itu jatuh karena ulah teroris. Ia pun bertekad membongkar kejahatan tersebut.

Dalam usahanya ini, dirinya dibantu seorang anggota National Intellegence Servicenya Korea (Badan Intelejen Nasional Korea Selatan) bernama Go Hae Ri (Bae Suzy).

Perjuangan mereka sangat berat. Nyawa adalah taruhannya. Sebab, yang mereka hadapi bukan orang-orang sembarangan. Ada konspirasi gelap yang melibatkan pihak-pihak berpengaruh, termasuk Presiden Korea Selatan sendiri.

Itulah sebabnya, semua perangkat negara dikerahkan untuk membunuh siapa saja yang berusaha mengungkap kejahatan di balik jatuhnya pesawat tersebut.

Bahkan, sebagian anggota intelejen negara yang melindungi saksi dan keluarga korban pun menjadi target pembunuhan mereka atas nama negara. Dan siapa saja yang tidak mau menaati perintah presiden dianggap pengkhianat negara.

Lalu, pelajaran apa yang dapat kita petik dari drakor menegangkan ini? Hal yang paling mencolok ialah pemerintah dan rakyat. Bagaimana pemerintah bersikap terhadap rakyatnya jelas menjadi sorotan utamanya.

Sebagai pemerintah yang memegang amanah dan digaji dari pajak rakyat, tentu sudah berkewajiban mensejahterakan rakyatnya. Bukan seperti yang dikisahkan dalam drama Vagabond ini.

Mungkin, Anda pun dapat memetik hal lain jika sudah menontonnya hingga selesai.


0 comments: