Tuesday, November 19, 2019

Sebagai Orang Awam Saya Tahu Nama Anton dan Badudu, tapi Mana Penerus Keduanya?


Dunia ini berbidang-bidang menurut banyak orang. Ada bidang agama, sosial, ekonomi, hukum, budaya, dan lainnya. Banyak pemikir yang menaruh  perhatian pada bidang-bidang tersebut. Dan, seorang pemikir bisa saja sama atau malah berbenturan pendapat dengan para pemikir lainnya.

Nah, khusus di bidang bahasa, agaknya di Indonesia ini ada dua nama yang sangat terkenal. Siapa sajakah itu?

Sebagai orang awam di bidang bahasa, saya tahu nama Anton M. Moelyono dan juga J.S. Badudu. Dua tokoh bahasa ini bukan hanya terkenal dalam siaran kebahasaan di televisi zaman dulu, tetapi juga dikenal luas di kalangan pelajar dan mahasiswa bahasa, yakni melalui buku-buku bahasa.

Terkait hal terakhir tadi, bisa dikatakan baik Anton M. Moeliono, maupun J.S. Badudu merupakan selebbuk atau selebritas di dunia buku.

Meski begitu, setelah bertahun-tahun lamanya tidak terdengar atau terbaca sosok-sosok penerus yang sekaliber mereka. Pertanyaannya, apakah kedua tokoh bahasa ini memang tidak memiliki generasi penerus? 

Pertanyaan di atas tentu bukan perkara "terkenal" semata, melainkan lebih kepada pencerahan seputar bahasa di wilayah yang lebih luas. Apa? Yaitu media yang menghubungkan antara ahli bahasa dan masyarakat. Bisa melalui buku bacaan, surat kabar, majalah, tabloid, dan elektronik.


0 comments: