Thursday, November 21, 2019

Gunakanlah Kartu Debit Jenius untuk Membeli dan Memperpanjang Domain di Google


Bagaimana rasanya jika kita kehilangan media? Bukan hanya penulis, semua orang membutuhkan media.

Jika media diartikan sebagai alat atau sarana komunikasi, maka bahasa memiliki fungsi itu. Ya, bahasa sejatinya memang berfungsi sebagai media yang menghubungkan antarmanusia, misalnya. Bayangkan saja seandainya hidup tanpa bahasa, bagaimana kita dapat berkomunikasi, baik lisan, tulisan, maupun isyarat seperti gerak tangan?

Lantas, apa hubungan antara judul di atas dan media?

Mungkin, Anda pernah berinternet dan pernah pula membuka laman atau website sebelumnya. Dan kalau saat ini Anda sedang membaca tulisan ini  melalui peramban yang terpasang di perangkat komputer atau smartphone dalam jaringan, artinya Anda sedang berada di dalam sebuah laman. Nah, Anda bisa membaca tulisan https://wartamantra.com di kotak alamat peramban. Itulah domain.

Domain inilah nama dari alamat laman tempat pemublikasian tulisan atau hal lainnya. Bahkan, laman itu sendiri masuk dalam kategori media karena fungsinya sebagai alat atau sarana komunikasi.

Masalahnya?

Kini, pembelian dan perpanjangan domain di Google tidak bisa dilakukan dengan kartu debit visa bank nasional seperti BNI dan BTN. Alasannya sederhana. Karena, saat ini Indonesia sedang menuju nasionalisasi kartu gerbang pembayaran nasional atau GPN. 

GPN ini sudah diwajibkan serentak oleh seluruh bank BUMN di Indonesia. Meskipun nasabah masih bisa memiliki kartu debit dan kredit milik asing semisal visa dan Mastercard, akan tetapi tetap tidak bisa dipakai untuk membeli atau memperpanjang domain di Google. 

Lalu, bagaimana melakukan keduanya? Sampai detik ini, saya hanya tahu satu kartu debit yang bisa digunakan untuk keperluan di atas. Apa? Jawabannya adalah kartu debit Jenius BTPN.

Awalnya, saya pun sempat bingung dan mencari-cari informasi tentang hal ini. Alhamdulillah, setelah mendapatkan informasi dan mendapatkan kartu itu, akhirnya saya berhasil membeli atau memperpanjang domain wartamantra.com ini.


0 comments: